Pemko Banjarmasin Bersedekah Sampah


BANJARMASIN – Bila biasanya sumbangan yang diberikan untuk membatu sesama berupa makanan dan pakaian, maka kali ini berbeda dengan yang dilakukan para ASN lingkup Pemko Banjarmasin. Mereka bersedekah sampah. Tapi bukan sampah basah yang mereka berikan, melainkan sampah kering seperti botol plastik dan barang yang bisa didaur ulang. Makanya jangan heran bila saat apel pagi Senin (25/03), di depan barisan para abdi masyarakat itu teronggok sampah-sampah yang siap disumbangkan melalui Bank Sampah Kota Banjarmasin. Tujuannya, untuk membantu para penyandang disabilitas yang ada di kota ini. Menurut Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, kegiatan bersedekah sampah itu dilakukan agar masyarakat di kota ini sadar tentang pentingnya kebersihan. Kota Banjarmasin, merupakan kota pertama di Indonesia yang menerapkan kebijakan pelarangan penggunaan kantong plastik, dengan menerbitkan regulasi berupa Perwali Nomor 18 tahun 2016. Hal tersebut dilakukan untuk kebaikan bersama dan sangat penting untuk ditanamkan disetiap individu dalam berbagai kesempatan. “Dalam istilah agama itu dikatakan amal kebaikan yang bernilai pahala, tapi dalam istilah pemerintah atau pun organisasi dikenal dengan inovasi kreatifitas dan inisiatif. Jadi siapa yang menjadi pelopor semua kebaikan, maka dia akan mendapatkan pahala,” ujarnya.
Kemudian siapa yang memulai sebuah kebaikan, lanjutnya lagi, akan menjadi contoh dan menjadi pionir dari kebaikan-kebaikan dan akan mendapatkan pahala dan pahala dari orang yang mengikutinya. “Ingat pahala untuk dirinya sendiri, dan juga pahala orang-orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi sedikitpun pahala orang yang mengikutinya tersebut,” katanya. 
Karena itu, ucapnya lagi, bersyukurlah hari ini bagi yang sudah membawa sampah untuk disedekahkan, karena tak hanya tenaga yang dipersiapkan, ide kreatif untuk memulai ide ini juga akan mendapat kebaikan-kebaikan. “Barang siapa yang memudahkan urusan umatku jar Nabi, maka Allah SWT akan memudahkan urusan, siapa yang mengalihi urusan orang, maka sebaliknya percaya pasti digalihi urang jua,” jelasnya.
Ia berharap, seluruh ASN lingkup Pemko Banjarmasin terus berinovasi dan berkreatifitas untuk menjadikan kehidupan lebih bermakna. Selain ASN lingkup Pemko Banjarmasin, kegiatan tersebut juga diikuti instansi vertikal yang ada di kota ini.(humpro-bjm)











R.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram