500 UMKM Gelar Pameran


BANJARMASIN – Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) DPP Kalsel menggelar pameran Apindo UMKM Summit dan Apindo UMKM Expo 2019, di Halaman Gedung Sultan Suriansyah Banjarmasin. Kegiatan tersebut dilaksanakan sejak tanggal 8 Maret 2019. Pembukaannya dilakukan langsung oleh Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina. “Selamat datang di Indo expo 2019, Ini adalah rangkaian Apindo Summit yang dilaksanakan di Kota Banjarmasin dan diikuti 500 peserta. Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena apapun yang terkait dengan UMKM kami sangat peduli sekali, kerena menciptakan WUB adalah visi nomor dua dari tiga visi Pemko Banjarmasin,” ujarnya, saat menyampaikan sambutannya, (08/03).
Dijelaskannya, Pemko Banjarmasin memiliki tiga visi dan misi, pertama menjadikan Banjarmasin sebagai kota sungai di daerah ekonomi Kalimantan dalam bentuk pembenahan sungai-sungai untuk kepentingan transportasi dan pariwisata, kemudian yang kedua melanjutkan program pembentukan 2.500 wirausaha baru selama 5 tahun, dan yang ketiga memberikan pelayanan publik terbaik berbasis pada smart city.
Terkait program pembentukan 2.500 wirausaha baru selama 5 tahun, katanya, saat ini di kota berjuluk seribu sungai ini telah berkembang pesat UMKM nya. Dalam visi menciptakan WUB, target yang ingin diraih adalah 500 UMKM pertahun, dan dalam 3 tahun terakhir yakni dari 2016 hingga 2018 target tersebut telah tercapai. Data terakhir dari Dinas Koperasi Kota Banjarmasin, saat ini jumlah UMKM binaan Pemko Banjarmasin mencapai 2.072 yang kebanyakan adalah para pengrajin sektor kuliner. “Laporan terakhir, dari 2.072 UMKM binaan itu, 50 persennya sudah dianggap mandiri. Jadi kurang lebih 1.000 orang yang sudah kita anggap berhasil dan mandiri. Tentunya kami bertermakasih atas suport dan bantuannya, baik melalui bantuan langsung, maupun berupa dana-dana CSR dari Forum Banjarmasin CSR,” ucapnya. Di dalam Forum Banjarmasin CSR terapat 125 perusahaan, jelasnya lagi, kontribusi dari para pengusaha menjadi sangat penting untuk diteruskan dalam pengembangan UKMK ini. Makanya, ia kemudian mengajak Apindo untuk berkolaborasi memajukan UMKM dan pengusaha-pengusaha kecil menengah di Kota Banjarmasin dan khususnya di Kalimantan Selatan. “Kami sadar betul bahwa kami Pemko Banjarmasin tidak bisa sendirian mengurusnya, kita harus berkobalorasi, dan kami siap untuk itu. Saya kira banyak hal bisa yang kita lakukan untuk mensuport UMKM. Apalagi saya yakin dan percaya, para pengusaha yang ada di daerah ini juga punya jaringan, punya kemampuan, punya bisnis bisnis dimana-mana dan rasa-rasanya itu harus kita maksimalkan,” pungkasnya.(humpro-bjm)












R.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram