Walikota Instruksikan Perkuat Koordinasi Antar Sektor Penanganan Covid-19

Banjarmasin - Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina menyerukan untuk memperkuat koordinasi antar sektor dalam menghadapi penaikkan status Kota Banjarmasin menjadi Tanggap Darurat atas wabah Covid-19.
"Dalam beberapa hari setelah peningkatan status langkah yang kita ambil sudah tepat dan cepat tanggap," ucap H Ibnu Sina di dalam sambutannya sebagai pembuka rapat koordinasi antar sektor dalam penanggulangan wabah virus Corona di Banjarmasin, Selasa (24/03/2020) siang.
"Kerjasama kita dalam forkopimda maupun ditingkat kecamatan sangat bagus. dari kelurahan pun juga sudah bekerjasama dengan Bhabinsa dan Babinkamtibmas sudah benar dan bagus kinerjanya. dan sekarang tinggal dilanjutkan saja," ucapnya dihadapan seluruh peserta rapat.
Lanjutnya, H Ibnu Sina membeberkan langkah-langkah yang sudah diambilnya seperti penerbitan Surat Edaran pertama dan pembaharuannya yang termasuk di dalam Surat Edaran yang kedua, dan sudah ditindak lanjuti oleh seluruh SKPD di bawah pemko serta seluruh kecamatan yang ada di Banjarmasin.
"Hal ini menandakan bahwa pemerintah kota sudah hadir dalam menghadapi masalah yang berkaitan langsung dengan masyarakat, itu sudah kita lakukan," ujarnya.
Dalam kesempatan tersebut, H Ibnu Sina juga mengatakan, meski pola koordinasi sekarang sudah bagus, peningkatan harus tetap dilakukan, "Karena kordinasi kita harus cepat dan SOPnya dijalankan dengan benar," tambahnya.
Seperti yang dilakukan oleh Tim Gugus Tugas (TGT Penanganan Covid-19 Banjarmasin dalam hal menyiapkan Rumah Sakit Sultan Suriansyah sebagai Rumah Sakit untuk penanganan pasien atau warga yang terpapar virus Corona.
"Ini sudah sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh Gubernur Kalimantan selatan. Yaitu seluruh Rumah Sakit apapun bentuknya harus siap dalam menangani permasalahan wabah ini," paparnya.
H Ibnu Sina juga menyebut jika pihaknya sudah menerima masukan dari masyarakat untuk melibatkan Badan Pemadam Kebakaran (BPK) yang ada di Banjarmasn dalam melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh kawasan sudut kota Baiman itu.
"Nanti akan di koordinasikan dengan BPBD dan Salpol PP Damkar untuk pelibatan BPK ini," ucapnya.
Sebelumnya, TGT penanganan Covid-19 Banjarmasin melakukan penyemprotan di sepanjang jalan kota Banjarmasin dan setiap rumah ibadah dalam tiga hari berturut-turut.
"Walaupun kemarin hanya terfokus di kecamatan Banjarmasin Utara, nanti pelan-pelan akan kita lakukan di setiap kecamatan yang ada di Banjarmasin," pungkasnya. (Diskominfotik-mz)






R.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram