100 Siswa Dilatih Membuat Sasirangan

BANJARMASIN – Salah satu rangkaian kegiatan Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) yang dilaksanakan dari tanggal 4 sampai 8 Maret adalah, Pelatihan Pembuatan Sasirangan untuk pelajar tingkat SMP se Kota Banjarmasin.

Kegiatan di Rumah Sasirangan Kreatif Kota Banjarmasin yang terletak di kawasan Jalan A Yani Banjarmasin itu, diikuti 20 orang siswa SMP dari dua sekolah.
Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina bersama Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah terlihat hadir dalam kegiatan Kamis (05/03) pagi itu.
Kedatangan mereka untuk memberikan semangat kepada para siswa yang mengikuti pelatihan tersebut. “Mudah-mudahan edukasi ini bermanfaat untuk generasi penerus pengrajin dan juga pencinta sasirangan dan kami berharap sebagai warisan budaya banjar The Glory of Harytage ini bisa kita banggakan semua,” kata H Ibnu Sina.
Sementara itu, Hj Siti Wasilah menjelaskan, materi yang diberikan untuk para pelajar yang mengikuti program dari rangkaian BSF itu antara lain, cara pembuatan kain sasirangan dari membuat pola hingga motif sasirangannya. “Motif sasirangan itu benar-benar kreasi mereka sendiri, itu yang saya sangat bersyukur dan bangga. Mudah-mudahan di sini akan muncul bibit-bibit pengrajin sasirangan lebih kreatif dan mudahan, ke depannya akan muncul inovasi dari mereka,” harapnya.
Untuk diketahui, pelatihan cara pembuatan kain sasirangan itu dilaksanakan setiap hari dan diikuti sekira 20 orang siswa dari dua SMP di Kota Banjarmasin.
Rencanannya, kegiatan yang akan berakhir tanggal 8 Maret nanti akan diikuti sekira 100 siswa dari 10 sekolah tingkat SMP yang ada di Kota Banjarmasin.(prokom-bjm)














R.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram