Walikota, Dandim dan Kapolresta Tinjau Harga Bahan Pokok dan Pantau Semprot Disinfektan di Pasar Tradisional

Banjarmasin - Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina bersama Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Rachmat Hendrawan dan Dandim 1007/Banjarmasin, Kolonel Inf Anggara Sitompul melakukan sidak harga kebutuhan sejumlah barang pokok di Pasar Sentra Antasari yang dilanjutkan dengan memantau penyemprotan disinfektan di Pasar Baru Banjarmasin Tengah, Jumat 27/3/2020.
Menurut H Ibnu Sina, kegiatan yang dilaksanakan di pasar tradisional tersebut merupakan langkah untuk memastikan bahwa kebutuhan barang pokok di kota Banjarmasin terjamin serta tersedia dengan baik.
"Makanya kita cek seperti di pasar daging harganya stabil, tetapi permintaan menurun hampir 50%, sama seperti ayam, telor dan minyak goreng pasokannya aman," ujarnya.
Kemudian H Ibnu Sina membeberkan berbeda dengan sejumlah kebutuhan pokok tersebut, harga gula meskipun stok masih tersedia dan masuk ke pasaran namun harganya masih melambung tinggi, berkisah dari Rp20.000 hingga Rp 21.000/ kilogram.
"Untuk sayur malah turun harganya, kemudian bawang putih yang diisukan kosong kemaren, saat ini sudah masuk ke pasaran, karena 3 hari yang lalu keran bawang import sudah masuk sebanyak 150 ribu ton dari pusat sudah didistribusikan ke daerah dan harga sudah stabil," katanya.
Selanjutnya untuk harga cabe, ujar Ibnu Sina masih normal dan aman meskipun pasokannya hanya lewat lokal saja, "Kami berharap situasi ini bisa terkendali terus sampai dengan berakhirnya tanggap darurat covid-19, kemudian memasuki bulan Ramadhan dan Idul Fitri nanti," harapnya.
Termasuk kebutuhan pokok berupa beras, kata H Ibnu Sina sesuai dengan stok bulog masih mampu bertahan hingga 5 bulan mendatang, dan ketika dipantau oleh pihaknya benar saja harga beras stabil dan ketersediaannya masih aman tetapi permintaan sangat turun hingga 30%.
"Mari sama-sama kita pastikan kebutuhan pokok ini terjamin, karena kita juga berharap segeranya berakhir, tapi kita mesti juga harus mengantisipasi jika ini bertahan lebih lama," ungkapnya.
"Kami berharap situasi ini bisa kembali normal, mari sama-sama tegakkan aturan, terapkan pola hidup bersih dan sehat, untuk memangkas dan memotong mata rantai penyebaran covid-19 sampai situasi tanggap darurat ini memang benar benar normal," pungkasnya.
Selepas dari pasar Sentra Antasari, rombongan kemudian berpindah lokasi ke Pasar Baru untuk memantau penyemprotan disinfektan oleh tim gugus tugas p3 covid-19 kota Banjarmasin yang terdiri dari Dinas Kesehatan dan BPBD Kota Banjarmasin serta para anggota damkar kota Banjarmasin.
Penyemprotan berjalan dengan lancar, dimulai dari los lantai 3 yang turun hingga ke lantai dasar dan dilanjutkan memantau bilik disinfektan milik Polresta Banjarmasin didepan jalan masuk Dutamall Banjarmasin atau lebih tepatnya Jalan Simpang Ulin Banjarmasin Tengah.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi, PLT Kadis Perdagangan dan Perindustrian, H Norbiansyah, Kalak BPBD, M Hilmi, Kabag Prokom Yusna Irawan, Kabid Pasar dan PSDP Ichrom Muftezar serta Kabid Kesmas, Kuswanta. (Diskominfotik-mz)








R.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram