Sungai Baru Masuk KKBKB ke 19

BANJARMASIN - Tahun 2020 ini, dipastikan setengah dari jumlah kelurahan yang ada di kota berjuluk seribu sungai, akan menjadi Kampung KB, Kampung Baiman (KKBKB).
Hal tersebut dikatakan Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina saat peresmian Kampung KB, Kampung Baiman, di Kampung Katupat di Kelurahan Sungai Baru, Kecamatan Banjarmasin Tengah. “Mudah-mudahan tahun ini setengah dari kelurahan di Kota Banjarmasin sudah menjadi Kampung KB, Kampung Baiman, karena tahun ini ada tambahan lima lagi, mudah-mudahan totalnya menjadi 21,” ujarnya, Kamis (05/03),
Kampung Katupat Sungai Baru, merupakan Kampung KB, Kampung Baiman yang ke 19, setelah sehari sebelumnya orang nomor satu di Bumi Kayuh Baimbai ini meresmikan Kelurahan Sungai Bilu, Kecamatan Banjarmasin Timur, sebagai Kampung KB, kampung Baiman ke 18.
Dari 52 kelurahan yang ada di Kota Banjarmasin, saat ini beberapa kelurahan telah tercatat menjadi Kampung KB, Kampung Baiman diantaranya, Kelurahan Sungai Andai, Kelurahan Teluk Dalam, Kelurahan Tanjung Pagar, Kelurahan Karang Mekar, Kelurahan Sungai Jingah, Kelurahan Pelambuan, Kelurahan Basirih, Kuripan, Kelurahan Alalak Selatan, Kelurahan Basirih Selatan, Kelurahan Gadang, Kelurahan Kelayan Luar, Kelurahan Kelayan Selatan, Kelurahan Belitung Selatan, Kelurahan Pengambangan, Kelurahan Alalak Tengah, Kelurahan Telawang, Kelurahan Sungai Bilu dan Kelurahan Sungai Baru.
Kampung KB, Kampung Baiman di tahun 2020 ini merupakan program dengan berfokus pada upaya Penguatan Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Program Bangga Kencana).
Program ini dibuat untuk masyarakat dalam memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat, dalam memperoleh layanan total program KB, dan pelayanan masyarakat lainnya, sebagai upaya mewujudkan keluarga yang berkualitas dan sejahtera.
Diharapkan, dengan basis pembangunan keluarga tersebut bias menjadi motor pembangunan di Kota Banjarmasin ini, sehingga dengan membangun keluarga yang kuat, lingkungan yang kuat, masyarakat yang kuat, dapat menjadikan Kota Bnajarmasin yang kuat dan nyaman pembangunannya.
Untuk diketahui, Program Kampung KB, Kampung Baiman di Kota Banjarmasin sudah dilaksanakan sejak tahun 2016 lalu,
Kegiatan pencanangan Kampung KB yang disanding dengan program Banjarmasin Barasih wan Nyaman (Baiman) dimaksudkan, agar tidak hanya memperhatikan masalah KB semata, tetapi juga menyangkut masalah tertib administrasi kependudukan.
Bila awalnya hanya terdapat beberapa SKPD yang masuk dalam program tersebut, kini sekira 15 SKPD sudah bergabung dan siap menjadikan Kampung KB, Kampung Baiman di kota ini sebagai kampung percontohan.(prokom-bjm)






























R.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram