Giliran SMAN7 Banjarmasin Digelar Kampanye Pencegahan Stunting

Banjarmasin - Usai kampanye pencegahan stunting untuk remaja putri di SMKN 4 Banjarmasin Utara kemaren, Hari ini Dinas Kesehatan Banjarmasin kembali melakukan kampanye yang sama di SMAN7 Banjarmasin, Kecamatan Banjarmasin Timur, Kamis 12/3/2020.
Mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjamasin, Kabid Kesmas, Kusnanta menyampaikan pada kegiatan kali ini kembali sebagai bentuk edukasi terkait anemia dalam pencegahan stunting kepada para remaja putri di sekolah setempat.
"Hari ini adalah hari yang kedua roadshow kami, kemaren kita memulai di Banjarmasin Utara, Alhamdulillah animo dari pihak sekolah sangat luar biasa, terbukti dari dua kali kegiatan yang diselenggarakan, hadir semua instansi terkait," ujarnya.
Apalagi melihat animo siswa siswi setempat, ujar Kusnanta sangat tinggi terhadap permintaan konsumsi tablet tambah darah, pihaknya menargetkan 75 persen remaja mengkonsumsi tablet tambah darah, "kalau perlu 100 persen remaja kita mengkonsumsi ini," harapnya.
Ia mengungkapkan, peningkatan dampak tablet tambah darah di Kota Banjarmasin sangat luar biasa, pasalnya berdasar penelitian dirinya itu membuktikan bahwa yang asalnya HB rendah sebelum minum tablet tambah darah, dan ketika mengkonsumsi perubahan signifikan terjadi, HB warga tersebut menjadi normal.
Disisi lain, Kusnanta menyebut akan ada tiga sekolah lagi pada tiga kecamatan lainnya di kota Banjarmasin bakal diselenggarakan kampanye pencegahan stunting remaja putri sehat tanpa anemia.
Dalam kesempatan yang sama, Ketua TP PKK Kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah mengungkapkan pentingnya pencegahan stunting karena akan berdampak pada keberlangsungan tumbuh kembangnya seorang anak.
"Kita harus menjaga kondisi kesehatan, kemudian menjaga diri agar nanti bisa siap menjadi calon ibu yang baik, yang melahirkan generasi yang baik tanpa stunting,"ujar Hj Siti Wasilah.
Ia menegaskan apalagi terhadap remaja putri pemula antara usia 13 hingga 14 tahun yang harus ekstra berusaha dalam menjaga kesehatan dan menjaga diri agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan termasuk mengalami stunting.
"Upaya kita hari ini mengkampanyekan minum tablet penambah darah adalah upaya pencegahan stunting," bebernya.
"Tablet penambah darah ini untuk mencegah Anemia, Anemia selalu mengancam kepada stunting, makanya harus kita cegah anemia ini," pungkasnya. (Diskominfotik-mz)





















R.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram