ACT ADM Airsoft AKBP Aksi Cepat Tanggap Al-Qur'an Ambulan Sungai Anak Yatim Antara Digital Media APBD apbmi APEKSI Apel Apel Gabungan Asisten 1 Bidang Pemerintahan Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Audiensi B2W Badminton Baiman BAMARA Banjarmasin Banjir bank kalsel Bank Sinarmas Syariah Bansos Bantuan BAPPEDALITBANG baznas BEA Cukai Bencana Alam BerAKHLAK bersholawat BIAN Bimtek BKPRMI BMKG Borneopedia BPBD BPD BPK/PMK BPKPAD BPN BPS Brainstorming BSF Budaya dan Wisata Bulutangkis Bunda PAUD CHSE Covid cpns Damkar Daring dau Dewan Kelurahan Dinas Kesehatan Dinkes DIPA Dirgahayu Disabilitas Disbudporapar Disbupdar diseminasi Diskominfotik diskusi Disperdagin Dispora DKP3 Dokpim doorprize DPC DPKP DPMPTSP DPPKBM DPPKBPM DPRD dpw DWP Ekonomi EKPPD Eksploitasi Ekspose Evaluasi expo Festival Festival HAM FGD Food Festival Forkopimda Forum Group Discussion Forum Purnabakti Gerak-Jalan Gotong-Royong GOW Gowes Gubernur Gun Hari Antikorupsi Sedunia Hari Disabilitas Internasional Hari Guru Nasional Hari Inklusi Hari Jadi Hari Kesatuan Gerak Hari Kesehatan Nasional Hari Pahlawan harjad HARJAD.ke-496 haulguru Herd Imunity HIV/AIDS hkgn HKSN Hoaks Hotel Hotel Syariah Hukum HUT HUT-RI ICCC ICCN IJTI IKM IMTAQ Imunisasi Informasi Informasi Publik Informasi Umum Infrastuktur Intakindo Integritas IUMKM jaksa Jambore jamna JDIHN JKPI JNE Jukung Jumat Kabid Kadis Kadis Kominfotik Kadisbudpar Kampung Bermain Kapolresta KB ke-496 Ke-77 Keagamaan Kebersihan Kegiatan Kegiatan Pemerintah Kejuaraan kemenkominfo Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kepala Dinas Sosial Kerjasama Kesehatan Kesejahteraan Kesenian kesra Ketua Bidang I TP PKK ketua dekranasda Ketua DPC PAI Ketua DPRD Ketua DWP Ketua TP PKK KKB KLHS Kominfotik kompas KOMVAS Kongres V KONI Koordinasi KOPRI Kota inklusi Kota Pusaka KPRKI KUA-PPAS Kuliner Kunjungan Kunjungan Kerja Kunker kwarcab Launching Literasi Digital LKPJ LKPM lomba Lowongan LPPD Lurah Majelis Masjid Melestarikan MES Milad Mou MPM MTQ MUI Musprov Narasumber Nataru Nominasi NPC Olahraga OPD Orasi ILmiah OSS P3PM PAAR Pajak pangdam Pariwisata Pasar Paskibraka Paud Pekerja Migran Pelantikan Pelayanan Pelopor Pemateri Pembangunan Pembina Upacara Pembukaan Pemerintah Kota Pemuda Pendidikan Penghargaan Pengukuhan Pengurus PGRI Penyuluhan Perbakin Perda Peresmian Peringatan Perkenalan Pertanahan Pertandingan Pertemuan Pesantren PGRI PHNI PKBM PKK PKS Plh Sekda Plt Asisten I Bidang Pemerintahan Plt Kepala Disdukcapil PMTPSP Posyandu PPID PPKM pppk pramuka Program bebas plastik Program Tahunan ptam PTAM Bandarmasih PUPR PWRI qris Quarantine Zone Radio RRI Rakerkesda Rakor Rakorpusda RamahTamah Rapat Rapat Evaluasi Rapat Koordinasi Rapat Paripurna Raperda RDTR REGSOSEK Retribusi RI rs-rutilahu RSUD Sultan Suriansyah Rutilahu Safari Sambutan SANDIMAN Santri Santunan Sasirangan Sekda Sekretaris Diskominfotik Seleksi Sembako Seminar Siaga Banjir Sidang Terbuka SIDAUS Silahturahim Silatrahmi silaturahim Silaturahmi Siring SKPD Smart City SmartCity smartfm Sosialisasi SPBE SPM sSertifikat Staff Muda Walikota Stakeholders Stunting Sumpah Pemuda Sungai Swab Antigen Syukuran Talkshow Tapin tausyiah Teknologi Terapung TK/TPA TMMD TNI TNI POLRI TP PKK tp2s TPID TPPS Transformasi Digital Turnamen ucapan Ulang Tahun ulang tahun kota banjarmasin ulangtahun UMK UMKM UMP UNDARIS Upacara Upacara Gelar Senja UTTP Vaksinasi Lansia Vaksinasi Masal Virtual Wakapolresta wakil gubernur Wakil Ketua Dekranasda Wakil TP PKK Wakil Walikota Walikota wawali Webinar Wisuda Workshop WUB Zoom Meeting

Sosialisasi Lapor Di Kelurahan Kelayan Barat

BANJARMASIN – Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Banjarmasin, melalui Bidang Statistik dan Pengelolaan Informasin Publik kembali
menggelar Sosialisasi Lapor (Layanan Pengaduan Online Rakyat) di Kelurahan Kelayan Barat, Kamis (6/2/20).
Sosialisasi pertama ditahun 2020 ini, dihadiri seluruh Ketua RT dan perwakilan warga dari 12 RT yang berada di Kelurahan Kelayana Barat, dengan total peserta kurang
lebih 65 orang.
Kasi Pengelolaan Opini Publik Diskominfotik Banjarmaisn, Novri Gitayanti, S.Ikom, M.Ikom mengatakan, tujuan digelarnya sosialisasi ini guna memeberikan informasi
kepada warga Banjarmasina khususnya warga yang berada di Keluarahan Kelayan Barat, tentang cara menyampaikan aspirasi dan aduan yang baik dan benar.
"Yaitu melalui kanal resmi, seperti dengan cara mengirimkan sms ke 1708 atau melalui website resmi www.lapor.go.id. Terlebih mudah lagi dengan mendownload apliaksi
Lapor, maka warga akan semakin mudah menyampaikan aduannya," ucap Novri.
Hal senada juga disampaikan Kabid Statistik & Pengelolaan Informasi Publik Diskominfotik Banjarmasin, Yusma Rifani, S.AB. Menurutnya dengan warga yang sudah paham cara menyampaikan aspirasi dan pengaduan maka segala aspirasi dan pengaduan masyarakat warga Banjarmasin bisa diteruskan kepada SKPD yang berwenang.
"Setelah diterima SKPD maka SKPD yang bersangkutan akan segera menindak lanjutinya. Bahkan banyak laporan yang diselesaikan tidak sampai tiga hari setelah laporan diterima. Karena itulah bentuk komitmen Pemko Banjarmasin, untuk melayani warga Banjarmasin," jelasnya.
Salah satunya saat sosialisasi, Ketua RT 05 Kelayan Barat, Reddy Montana sempat menyampaikan keluhan terkait pelayanan air bersih yang dikelola oleh PDAM Bandarmasih. Disampaikannya air yang dialirkan kerumahnya dan warga sekitarnya masih sering keruh.
Menanggapi hal itu, maka yang bersangkutan di arahkan untuk mengisi formulir aduan manual untuk selanjutnya dimasukkan ke aplikasi lapor oleh admin Lapor.
Sementara itu, Asisten Unit Pemeriksaan Ombudsman RI perwakilan Kalsel, Maulana Achmadi mengharapkan dengan adanya sosialisasi ini masyarakat lebih paham, apa itu lapor sebagai wadah untuk menyampaikan aspirasi dan aduan terkait pelayanan publik di kota Banjarmasin.
"Apapun aspirasi ataupun keluhan dari masyarakat itu bagus untuk bahan masukan untuk perbaikan kebijakan. Kalau Banjarmasin, maka oleh Pemko nanti bisa dijadikan sebagai masukan untuk membuat kebijakan baru," tuturnya.
Adapun Lurah kelayan Barat, Muhammad Farid Rivani sangat bersyukur melihat antusiasme warganya yang sangan besar menindak lanjuti masalah pengawasan layanan publik. Begitu juga menurutnya sosialisasi Lapor yang digelar di wilayahnya sangat membantu sekali.
"Karena kita tahu masih ada yang belum begitu paham tentang teknolongi, juga masih ada yang kurang begitu tahu tentang lapor ini. Dengan adanya sosialiasi ini insya Allah akan berkembang lagi. Sama-sama kita mengawasi pembangunan di Banjarmasin," pungkasnya. (Diskominfotik)









Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.