BANJARMASIN – Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Banjarmasin, melalui Bidang Statistik dan Pengelolaan Informasin Publik kembali
menggelar Sosialisasi Lapor (Layanan Pengaduan Online Rakyat) di Kelurahan Kelayan Barat, Kamis (6/2/20).
menggelar Sosialisasi Lapor (Layanan Pengaduan Online Rakyat) di Kelurahan Kelayan Barat, Kamis (6/2/20).
Sosialisasi pertama ditahun 2020 ini, dihadiri seluruh Ketua RT dan perwakilan warga dari 12 RT yang berada di Kelurahan Kelayana Barat, dengan total peserta kurang
lebih 65 orang.
lebih 65 orang.
Kasi Pengelolaan Opini Publik Diskominfotik Banjarmaisn, Novri Gitayanti, S.Ikom, M.Ikom mengatakan, tujuan digelarnya sosialisasi ini guna memeberikan informasi
kepada warga Banjarmasina khususnya warga yang berada di Keluarahan Kelayan Barat, tentang cara menyampaikan aspirasi dan aduan yang baik dan benar.
kepada warga Banjarmasina khususnya warga yang berada di Keluarahan Kelayan Barat, tentang cara menyampaikan aspirasi dan aduan yang baik dan benar.
"Yaitu melalui kanal resmi, seperti dengan cara mengirimkan sms ke 1708 atau melalui website resmi www.lapor.go.id. Terlebih mudah lagi dengan mendownload apliaksi
Lapor, maka warga akan semakin mudah menyampaikan aduannya," ucap Novri.
Lapor, maka warga akan semakin mudah menyampaikan aduannya," ucap Novri.
Hal senada juga disampaikan Kabid Statistik & Pengelolaan Informasi Publik Diskominfotik Banjarmasin, Yusma Rifani, S.AB. Menurutnya dengan warga yang sudah paham cara menyampaikan aspirasi dan pengaduan maka segala aspirasi dan pengaduan masyarakat warga Banjarmasin bisa diteruskan kepada SKPD yang berwenang.
"Setelah diterima SKPD maka SKPD yang bersangkutan akan segera menindak lanjutinya. Bahkan banyak laporan yang diselesaikan tidak sampai tiga hari setelah laporan diterima. Karena itulah bentuk komitmen Pemko Banjarmasin, untuk melayani warga Banjarmasin," jelasnya.
Salah satunya saat sosialisasi, Ketua RT 05 Kelayan Barat, Reddy Montana sempat menyampaikan keluhan terkait pelayanan air bersih yang dikelola oleh PDAM Bandarmasih. Disampaikannya air yang dialirkan kerumahnya dan warga sekitarnya masih sering keruh.
Menanggapi hal itu, maka yang bersangkutan di arahkan untuk mengisi formulir aduan manual untuk selanjutnya dimasukkan ke aplikasi lapor oleh admin Lapor.
Sementara itu, Asisten Unit Pemeriksaan Ombudsman RI perwakilan Kalsel, Maulana Achmadi mengharapkan dengan adanya sosialisasi ini masyarakat lebih paham, apa itu lapor sebagai wadah untuk menyampaikan aspirasi dan aduan terkait pelayanan publik di kota Banjarmasin.
"Apapun aspirasi ataupun keluhan dari masyarakat itu bagus untuk bahan masukan untuk perbaikan kebijakan. Kalau Banjarmasin, maka oleh Pemko nanti bisa dijadikan sebagai masukan untuk membuat kebijakan baru," tuturnya.
Adapun Lurah kelayan Barat, Muhammad Farid Rivani sangat bersyukur melihat antusiasme warganya yang sangan besar menindak lanjuti masalah pengawasan layanan publik. Begitu juga menurutnya sosialisasi Lapor yang digelar di wilayahnya sangat membantu sekali.
"Karena kita tahu masih ada yang belum begitu paham tentang teknolongi, juga masih ada yang kurang begitu tahu tentang lapor ini. Dengan adanya sosialiasi ini insya Allah akan berkembang lagi. Sama-sama kita mengawasi pembangunan di Banjarmasin," pungkasnya. (Diskominfotik)
Posting Komentar