Puncak Festival Kampung Banjar di Sungai Biuku

Dimeriahkan Lempeng Balayung dan Permainan Tradisional
BANJARMASIN - Puncak Festival Kampung Banjar (FKB) yang digelar di Kampung Sungai Biuku, Kelurahan Sungai Andai, Kecamatan Banjarmasin Utara, berlangsung meriah.

Beragam atraksi permainan dan makanan tradisional ditampilkan dalam kegiatan yang juga dihadiri Ketua TP PKK Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah.
Salah satu kuliner tradisional yang selalu dicari para wisatawan yang mengunjung destinasi tersebut adalah lempeng balayung.
Dalam rangkaian kegiatan pamungkas festival tersebut, panitia pelaksana yang dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin tak hanya menyuguhkan makanan berbalut daun pisang itu dengan tampilan siap saji saja, tetapi juga memperlihatkan cara membuatnya dengan menggunakan peralatan tradisional.
Bahkan, Hj Siti Wasilah dan H Ibnu Sina saat itu berkesempatan untuk menjajal cara membuat makanan khas kampung tersebut.
Atraksi permainan tradisional pun tak mau ketinggalan ikut memeriahkan festival tersebut, mulai dari Balogo, Bagasing, Bakiak, Engrang hingga ketapel, terlihat diserbu para wisatawan yang ingin mencobanya.
Untuk permainan air, saat itu juga digelar lomba bajukung dan lomba berenang. Lokasinya tentu saja di Sungai Biuku. Sorak sorai para wisatawan yang melihat lomba tersebut terdengar riuh dari atas Jembatan Sungai Biuku. “Terima kasih kepada semua pihak yang mendukung acara Banjarmasin Village Festival atau Festival Kampung Banjar. Hari ini hari terakhir rangkaian Festival Kampung Banjar yang sudah di mulai tiga hari yang lalu, yaitu di Kampung Biru, sorenya di Kampung Arab, kemudian tanggal 8 ke Kampung Hijau dan Sungai Jingah Mewarung Beimbai, dan terakhir hari ini acara puncaknya di Sungai Biuku,” ujar H Ibnu Sina, Minggu (09/02).
Ia berharap, dengan adanya kegiatan FKB, keberadaan destinasi wisata di Kota Banjarmasin terutama destinasi wisata Kampung Sungai Biuku akan semakin dikenal para wisatawan, sehingga ke depannya kian banyak wisatawan yang berkunjung. “Terima kasih kepada penduduk di sini yang sudah bersedia kampungnya dijadikan sebagai kampung wisata, mudah-mudahan ini terus berkembang dan mengangkat harkat martabat juga kesejahteraan warga khususnya yang ada disini,” harapnya.
Dalam kegiatan yang dihadiri Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin, Ikhsan Alhaq, dan Camat Banjarmasin Utara, Apiluddin, H Ibnu Sina juga menyampaikan imbauan agar seluruh pengunjung menjaga kebersihan lingkungan. “Tolong para pengunjung karena ini adalah konsepnya alami, jadi buang sampahnya tidak ke sungai, tapi buang sampahnya pada tempatnya. Kemudian, tolong bila ada sampah, sisa makanan, jangan di buang sembarangan, di sini sudah tersedia tempat sampah,” ajaknya.
Kegiatan FKB dilaksanakan untuk mendukung program Pemko Banjarmasin sekaligus menyambut para tamu peringatan HPN tahun 2020, yang berjumlah sekira 5.000 orang.(prokom-bjm)



















R.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram