Pemko Banjarmasin Serahkan Bantuan Tanggap Darurat

BANJARMASIN - Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin, melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kota Banjarmasin menyerahkan bantuan cepat tanggap kepada korban musibah kebakaran di Jalan Pekapuran Raya, Gang Abadi RT 15, Kelurahan Karang Mekar, Banjarmasin Timur, pada hari Selasa (25/2/20).
Kebakaran yang terjadi pada pagi hari Senin (24/2/20) itu menurut data dari Dinsoskotabanjarmasin, kebakaran tersebut menghanguskan total 6 buah rumah, dengan 1 rusak ringan, dan 5 rusak berat, yang dihuni oleh 15 KK dengan total 43 jiwa.
Wakil Walikota Banjarmasin, H Hermansyah menyerahkan bantuan secara langsung kepada 15 KK yang rumahnya hangus terbakar di pemukiman padat penduduk tersebut, didampingi Kepala Dinsos Kota Banjarmasin, Iwan Ristianto dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin, Muhammad Hilmi.
H Hermansyah mengatakan, bantuan yang diberikan Pemko sementara ini yang bersifat urgent. Lebih rincinya dia menyebutkan yang sangat diperlukan warga korban kebakaran saat ini seperti tabung gas beserta kompornya, peralatan masak, bahan makanan, dan tikar beserta terpal untuk sementara.
"Supaya warga yang terkena musibah bisa diringankan tidak perlu memikirkan lagi bagaimana caranya agar bisa memasak dan bahan makanannya untuk sehari-hari. Seperti minyak, beras, dan lainnya," ucapnya.
Tambahnya ia menyampaikan, penyerahan bantuan kepada korban musibah kebakaran seperti ini memang kewajiban pemerintah untuk meringankan beban warganya yang terkena musibah. "Bantuan ini sifatnya yang darurat," tegasnya.
Saat berada dilokasi kebakaran, H Hermansyah tiba-tiba langsung menghubungi Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Kota Banjarmasin, untuk menanyakan bantuan uang tunai yang akan diberikan kepada 15 KK yang mengalami musibah tersebut.
Setelah selesai berbicara via telepon, ia menyampaikan bahwa masing-masing akan mendapatkan bantuan Rp3 juta per KK. "Tadi sudah ditelpon, paling lambat satu pekan katanya (Kesra)," ujar H Hermansyah.
Ia juga menyampaikan kepada warga agar bisa bersabar. Dijelaskannya, hal itu karena adanya administrasi yang harus dilewati terlebih dahulu. "Semoga saja bisa lebih cepat tidak sampai satu pekan, karena uang tersebut sangat dibutuhkan warga saat ini seperti untuk membeli kayu, terpal dan bahan bangunan lainnya," imbuhnya.
Selain itu ia juga mengatakan akan menghubungi Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, agar bisa membantu anak-anak yang buku-bukunya, pakaian yang habis terbakar. Untuk bisa memberikan despensasi kepada anak-anak yang menjadi korban amukan si jago merah tersebut.
"Kami Pemko Banjarmasin, juga menghimbau kepada seluruh dermawan, perusahaan yang mempunyai dana CSR agar juga bisa membantu meringankan beban korban kebakaran," tuturnya.
Sementara itu Kadinsos Kota Banjarmasin, Iwan Ristianto mengatakan, pihaknya juga sudah menyiapkan bantuan untuk anak-anak yang masih sekolah seperti akan memberikan bantuan seperti tas sekolah, dan perlengkapan lainnya.
"Sudah ada bantuan tersebut, lagi dipersiapkan agar sudah bisa diberikan kepada anak-anak secepatnya," tutup Iwan Ristianto. (Diskominfotik-bjm)














R.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram