Belum Ke Banjarmasin, Kalau Belum Ke Sungai Biuku


BANJARMASIN - Berbagai lomba menarik dan atraksi permainan tradisional Banjar, serta wisata kuliner khas Banjar, ramaikan puncak Banjarmasin Village Festival 2020, di kawasan Wisata Sungai Biuku di Sungai Andai Ujung (Selanjung), Minggu (9/2/20).
Adapun lomba yang digelar seperti lomba dayung, lomba membuat lempeng balayung, dan lomba bakunyung ala biuku. Sedangkan untuk atraksi permainan tradisional Banjar antara lain Balogo, Bagasing, Bakiak, Enggrang dan Ketapel.
UMKM juga ikut memeriahkan acara tersebut. Mereka memamerkan produknya seperti kain sasirangan, pernak pernik sasirangan, makanan khas Banjar dan berbagai jenis lainnya. Warga Sungai Biuku sendiri juga menyediakan makanan khas Banjar seperti Lempeng Balayung, dan kue khas Banjar lainnya.
Sebelumnya Banjarmasin Village Festival 2020 sudah digelar sejak hari Jumat yang dimula di Kampung Biru dan sorenya di Kampung arab, Hari Sabtu digelar di Kampung Hijau sungai bilu, dan juga Sungai Jingah Mewarung Beimbai, Di Sungai Biuku inilah digelar puncak Banjarmasin Village Festival 2020.
Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina menyatakan, sangat senang, bangga dan sekaligus juga bersyukur bahwa destinasi di Sungai Biuku semakin dikenal dari hari ke hari.
Apalagi, bebernya, tidak hanya dari wisatawan lokal yang sudah datang ke Sungai Biuku, berbagai wisatawan dari berbagai daerah tetangga bahkan wisatawan Internasinoal juga sudah pernah merasakan destinasi wisata alami dengan budaya sungainya. "Oleh karena itu saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah terlibat, dan juga doa terutama kepada penduduk asli Sungai Biuku yang kurang lebih ada sebanyak 40 KK," ucapnya.
Terlebih lagi, ungkapnya lagi, penduduk asli Sungai Biuku kebanyakan mempunyai keterikatan keluarga antar sama lainnya yang tinggal disana. Untuk itu, Ibnu mengucapkan terimakasih kepada seluruh warga Kampung Biuku yang sudah bersedia kampungnya dijadikan sebagai kampung wisata. "Mudah-mudahan ini terus berkembang dan mengangkat harkat martabat juga kesejahteraan warga khususnya yang ada disini (Kampung Sungai Biuku)," harapnya.
Orang nomor satu di Kota Banjarmasin ini juga sempat mencoba berbagai permainan tradisional Banjar, seperti Balogo, Bagasing dan Ketapel.
Dan dalam kesempatan itu ia berpesan kepada pengunjung agar tidak membuang sampah semabarangan mengingat destinasi wisata Sungai Biuku alami. Pemko juga sudah menyiapkan banyak tempat sampah agar wisatawan bisa membuang sampah ditempat yang sudah disediakan. "Ayo kita sama-sama jaga Sungai Biuku," imbuhnya.
Banjarmasin Village Festival 2020 digelar Pemko Banjarmasin melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin, juga dalam rangka merayakan Hari Pers Nasional 2020 yang digelar di Kalimantan Selatan. Mengingat Banjarmasin adalah ibukota Provinsi Kalsel. "Kegiatan ini juga mendukung program Pemerintah kota sekaligus juga menyambut tamu-tamu yang hadir masih dalam rangkaian HPN tahun 2020, yaitu Hari Pers Nasional yang hadir di Kota Banjarmasin peserta terakhir informasi ada kurang lebih 5000 peserta yang hadir pada saat puncak HPN, dan sebagiannya juga masih di Banjarmasin," tuturnya.
Ia juga mengucapkan banyak terimaksaih kepada pihak yang telah mendukung sehingga terlaksananya kegiatan Banjarmasin Village Festival 2020, seperti Pok Darwis Se Banjarmasin dan juga para pembinanya dari Patriot Pariwisata Kota Banjarmasin.
Selain itu, ia mengajak dan viralkan destinasi wisata alami di Sungai Biuku yang terletak di Selanjung. Sehingga seluruh destinasi wisata yang berada di Banjarmasin, khusunya di Sungai Biuku agar bisa terus berkembang menjadi destinasi wisata unggulan berbasis sungai dan kampung alami di Banjarmasin. "Belum ke Banjarmasin kalau balum ke Sungai Biuku, Belum ke Sungai Biuku kalau belum berfoto dengan Biuku nya dan makan lempeng balayung," tutupnya.
Kepala Dinas Disbudpar Banjarmasin, Ihsan Al Haq mengatakan, dengan acara ini tidak akan terlaksana tanpa adanya dukungan dari Pemko Banjarmasin yang terus memperhatikan destinasi wisata di Banjarmasin. "Sudah banyak destinasi wisata yang mulai berkembang di Banjarmasin. Itu semua tidak lepas dari dukungan Pemko Banjarmasin yang terus menciptakan wisata baru terutama disektor sungainya," ungkapnya. (Diskominfotik)































R.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram