Kegiatan Talk Show Pembudayaan Gemar Membaca - Sehari Najwa Membaca 300 Halaman


BANJARMASIN - Duta Baca Indonesia, Najwa Shihab memberikan solusi menarik agar masyarakat Indonesia gemar membaca. Menurut wanita cantik yang juga berprofesi sebagai presenter sebuah tayangan talk show di televisi swasta nasional ini, membaca buku itu bukan hal sulit. Hanya dengan cara membiasakan diri untuk selalu membaca, maka secara tidak langsung dapat melatih diri untuk memaksimalkan kemampuan. “Sekarang saya membaca buku terkadang 300 halaman. Saya selesai dalam satu hari, karena sudah terbiasa. Kita bisa karena biasa. Jadi kemampuan manusia itu luar biasa, tapi kadang kita tidak mau memaksimalkan kemampuan kita,” katanya.

Berlatih membaca buku hingga bisa menyelesaikan 300 halaman dalam satu hari, bukanlah masalah sulit, bebernya, latihan yang diperlukan untuk hal tersebut cukup niat dan tekad. “Jadi asal punya niat dan tekad, dicicil awalnya 20 halaman satu hari, itu kumpulan pengetahuan yang akan kita dapatkan akan menjadi luar biasa,” ucapnya lagi, Kamis (05/12).
Perempuan yang akrab dipanggil mbak Nana ini, hadir di Kota Banjarmasin dalam rangka upaya promosi peningkatan kegemaran membaca di Indonesia, yang dilaksanakan Perpustakaan Nasional RI bekerjasama dengan Pemko Banjarmasin. Kegiatan di Himalaya Ball Room, Hotel Banjarmasin Internasional itu, selain dihadiri para pelajar dari berbagai sekolah dan perguruan tinggi se Kota Banjarmasin, juga dihadiri Sekretaris Utama Perputakaan Nasional RI dan para kepala SKPD lingkup Pemko Banjarmasin. Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina dalam sambutannya mengatakan, kegiatan talkshow Duta Baca Indonesia ini adalah bagian dari pembudayaan gemar membaca. Di Kota Banjarmasin, jelas Ibnu Sina, kondisi masyarakat yang senang membaca buku berada dalam posisi sedang, mudah-mudahan hal tersebut senantiasa bisa terus ditingkatkan. Dan Pemko Banjarmasin akan berusaha untuk terus meningkatkan minat baca di kalangan masyarakat dengan cara membuat tempat membaca di beberapa area publik. “Demo arsip, insyaallah sudah akan selesai tahun ini, kemudian yang kedua di Taman Kamboja itu sedang dibangun taman baca, yang bisa dimanfaatkan oleh warga nanti sebagai taman untuk membaca. Semoga juga minat baca juga semakin meningkat dari waktu ke waktu,” katanya.
Kegiatan bertajuk Pembudayaan Gemar Membaca itu, juga dirangkai dengan segmen tanya jawab.(humpro-bjm)
























R.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram