Bawaslu Kota Banjarmasin Lantik Panwascam


BANJARMASIN - Menjelang pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan dimulai awal tahun 2020 nanti, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Banjarmasin mulai melakukan berbagai persiapan. 15 orang Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Kota Banjarmasin kini telah dipersiapkan untuk mengawal jalannya hajatan lima tahunan itu. Pelantikan ke 15 orang tersebut dilakukan langsung oleh Ketua Bawaslu Kota Banjarmasin, Muhammad Yasir, di Aula Kayuh Baimbai, Balai Kota Banjarmasin. Menurut Walikota Banjamasin H Ibnu Sina, seluruh unsur pelaksanaan Pilkada yang akan dilaksanakan mulai tahun 2020 nanti sudah bekerja baik. Saat ini, tinggal tugas pemerintah kota untuk memfasilitasinya sesuai dengan amanat undang-undang. Untuk itu, ia menginstruksikan kepada seluruh Camat dan Lurah se Kota Banjarmasin untuk memfasilitasi kinerja Bawaslu Kota Banjarmasin. “Tolong kepada para Camat dan Ibu Camat serta Lurah untuk memfasilitasi mereka semua termasuk nanti PPK dan PPS nya, sehingga nanti Camat dan Lurah punya tanggung jawab yang sama, punya netralitas yang sama untuk suksesnya Pilkada,” ujarnya, saat menyampaikan sambutannya, Selasa (24/12).
Dengan telah dilaksanakan beberapa rangkaian persiapan menyambut Pilkada tahun 2020 nanti, lanjutnya, diharapkan angka partisipasi dan indeks demokrasi di kota berjuluk seribu sungai khususnya di Provinsi Kalsel semakin baik. “Kami berharap angka partisipasi dan indeks demokrasi kita semakin baik dan semangat untuk hadir ke TPS dengan tingkat partisipasi tertinggi pada Pilkada yang akan datang,” pungkasnya.
Ketua Bawaslu Kota Banjarmasin Muhammad Yasar menjelaskan, pelaksanaan rekrutmen panitia pengawas kecamatan pada Pilkada 2020 diikuti sekira 173 orang. Setelah dilakukan seleksi administrasi maka terpilih 163 orang untuk mengikuti tes tertulis. Hasil tes tertulis itu menyatakan terpilih 143 orang untuk mengikuti tes wawancara. Dari hasil tes wawancara terhadap 143 orang peserta itu, kemudian lolos sebagai calon Panwascam 15 orang. “Perlu pula kami informasikan bahwa untuk tes tertulis kali ini berbeda dari pemilu-pemilu sebelumnya, kita melakukan tes tertulis secara online atau melalui komputer, Bawaslu berusaha menjaga transparansi, artinya kita betul-betul dalam melakukan rekrutmen Panwascam,” jelasnya.
Muhammad Yasar kembali mengatakan, dukungan Pemko Banjarmasin untuk penyelenggaraan Pilkada tahun 2020 nanti, telah dilakukan dengan menghibahkan sejumlah dana termasuk memberikan dana tambahan untuk pengawasan Pilkada nanti. “Ini membuktikan bahwa sinergitas penyelenggaraan dengan pemerintah daerah dan seluruh pemangku kepentingan berjalan dengan baik, hal ini patut kita syukuri amanah besar dalam pengawasan Pilkada harus betul-betul ditunaikan, kita tegakkan keadilan pemilihan tanpa pandang bulu,” katanya.
Dalam kegiatan yang dihadiri Wakil Walikota Banjarmasin H Hermansyah, Forkopimda Kota Banjarmasin dan elemen masyarakat itu, ia juga menghimbau saat Pilkada nanti, masyarakat harus berani dan tegas menolak politik uang. “Dan yang terpenting kami minta kepada warga negara yang mempunyai hak pilih khususnya warga Kota Banjarmasin, untuk terus datang ke TPS nantinya di 23 September 2020,” imbuhnya.
Dari data terhimpun, adapun nama Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, yang telah dilantik antara lain, Hafizah Wahid, Pengawas Pemilihan Kecamatan Banjarmasin Selatan. Isa Nasihin, Pengawas Pemilihan Kecamatan Banjarmasin Selatan. Samanudin, Pengawas Pemilihan Kecamatan Banjarmasin Selatan. Rabiatul Adawiyah, Pengawas Pemilihan Kecamatan Banjarmasin Timur. Murtasiah, Pengawas Pemilihan Kecamatan Banjarmasin Timur. M Fachrizanoor, Pengawas Pemilihan Kecamatan Banjarmasin Timur. Nasrun Yusuf, Pengawas Pemilihan Kecamatan Banjarmasin Barat. Muhammad Rachman, Pengawas Pemilihan Kecamatan Banjarmasin Barat. Barkatullah Amin, Pengawas Pemilihan Kecamatan Banjarmasin Barat. Nora Purwati, Pengawas Pemilihan Kecamatan Banjarmasin Utara. Rozy Maulana, Pengawas Pemilihan Kecamatan Banjarmasin Utara. Muhammad Abdillah Ihsan, Pengawas Pemilihan Kecamatan Banjarmasin Utara. Akhmad Baihaki, Pengawas Pemilihan Kecamatan Banjarmasin Tengah. Faisal Amin, Pengawas Pemilihan Kecamatan Banjarmasin Tengah. Muhamad Suparno, Pengawas Pemilihan Kecamatan Banjarmasin Tengah.(humpro-bjm)






























R.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram