Paman Borong Mie Habang

Turut memeriahkan Festival Budaya Banjar dan Pariwisata Kalsel 2018 yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalsel di Siring Menara Pandang Banjarmasin, 13 Stan Kuliner Kabupaten/ Kota se-Kalsel jadi rebutan pengunjung. Baik makanan maupun minuman habis dicicipi pengunjung, apalagi pada saat bersamaan ada rombongan Diplomat dari negara sahabat dalam even Diplomatic Tour dalam rangka peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) 2018, Rabu (17/10).
Satu stan yang tak kalah penuh sesak, adalah stand Kuliner Banjarmasin yang sudah ramai bahkan sebelum event dibuka Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor. Pada kesempatan itu Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina menyodorkan berbagai ragam sajian kuliner pada Paman Birin sapaan akrab Gubernur Kalsel mulai dari wadai bingka, pais, masubah, hingga ipau untuk dicicipi. Yang paling menarik minat Paman Birin adalah Mie habang ala sungai jingah. mie goreng klewer lembut kering berwarna merah khas banjar yang disajikan apa adanya itu langsung jadi korban kelahapan Paman. Bak koki restoran berbintang 5, Paman Birin meracik sendiri isiannya, mulai dari meracik lontong, mengguyur kuah kacang, hingga mencocol sambal pedas beberapa sendok. Tak terbayang betapa nikmat dan pedasnya, sejumlah wartawan yang meliput tak luput jadi sasaran suapan mie habang ala koki Paman Birin ini, termasuk Walikota H Ibnu Sina yang langsung mencari air akibat kepedasan usai disuapi Paman, "sudah dari halus paling ketuju lawan mie habang, rasanya? marasa maka tahu" ujarnya kepada awak media yang penasaran.
Menyambut kemeriahan dan kegembiraan tersebut, H Ibnu Sina menyampaikan apresiasi yang luar biasa atas dukungan dari Pemerintah Provinsi Kalsel, selain agenda Pariwisata Kalsel, dengan dipusatkan di Banjarmasin dan menampilkan sejumlah budaya Banjarmasin tentunya akan lebih mengenalkan Banjarmasin ke kancah internasional, "Momentum yang tepat memapilkan kekayaan seni dan budaya dari Banjarmasin ini. makin banyak destinasi wisata dan harusnya menambah wisatawan asing datang kesini"ujarnya.
Menurut penyelenggara, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalsel Dahnial Kifli menuturkan selain bagian dari peringatan HPS 2018 yang kedatangan berbagai tamu mancanegara, festival yang dilaksanakan selama tiga hari ini memang agenda Pariwisata Kalsel untuk menarik wisatan di objek wisata yang ada di Kalsel khususnya Banjarmasin, menargetkan banyak wisatawan baik lokal, nusantara, atau bahkan internasional karena menampilkan beragam even khas dan kearifan lokal. Dalam rangkaian ini akan dilaksanakan Festival Kopi, lomba masak masakan Banjar, hiburan, atraksi, hingga lomba jukung tradisional.  Festival Budaya Banjar dan Pariwisata Kalsel 2018 dibuka secara resmi oleh Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor (Paman Birin). (humpro-bjm)
 
 



 

R.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram