ACT ADM Airsoft AKBP Aksi Cepat Tanggap Al-Qur'an Ambulan Sungai Anak Yatim Antara Digital Media APBD apbmi APEKSI Apel Apel Gabungan Asisten 1 Bidang Pemerintahan Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Audiensi B2W Badminton Baiman BAMARA Banjarmasin Banjir bank kalsel Bank Sinarmas Syariah Bansos Bantuan BAPPEDALITBANG baznas BEA Cukai Bencana Alam BerAKHLAK bersholawat BIAN Bimtek BKPRMI BMKG Borneopedia BPBD BPD BPK/PMK BPKPAD BPN BPS Brainstorming BSF Budaya dan Wisata Bulutangkis Bunda PAUD CHSE Covid cpns Damkar Daring dau Dewan Kelurahan Dinas Kesehatan Dinkes DIPA Dirgahayu Disabilitas Disbudporapar Disbupdar diseminasi Diskominfotik diskusi Disperdagin Dispora DKP3 Dokpim doorprize DPC DPKP DPMPTSP DPPKBM DPPKBPM DPRD dpw DWP Ekonomi EKPPD Eksploitasi Ekspose Evaluasi expo Festival Festival HAM FGD Food Festival Forkopimda Forum Group Discussion Forum Purnabakti Gerak-Jalan Gotong-Royong GOW Gowes Gubernur Gun Hari Antikorupsi Sedunia Hari Disabilitas Internasional Hari Guru Nasional Hari Inklusi Hari Jadi Hari Kesatuan Gerak Hari Kesehatan Nasional Hari Pahlawan harjad HARJAD.ke-496 haulguru Herd Imunity HIV/AIDS hkgn HKSN Hoaks Hotel Hotel Syariah Hukum HUT HUT-RI ICCC ICCN IJTI IKM IMTAQ Imunisasi Informasi Informasi Publik Informasi Umum Infrastuktur Intakindo Integritas IUMKM jaksa Jambore jamna JDIHN JKPI JNE Jukung Jumat Kabid Kadis Kadis Kominfotik Kadisbudpar Kampung Bermain Kapolresta KB ke-496 Ke-77 Keagamaan Kebersihan Kegiatan Kegiatan Pemerintah Kejuaraan kemenkominfo Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kepala Dinas Sosial Kerjasama Kesehatan Kesejahteraan Kesenian kesra Ketua Bidang I TP PKK ketua dekranasda Ketua DPC PAI Ketua DPRD Ketua DWP Ketua TP PKK KKB KLHS Kominfotik kompas KOMVAS Kongres V KONI Koordinasi KOPRI Kota inklusi Kota Pusaka KPRKI KUA-PPAS Kuliner Kunjungan Kunjungan Kerja Kunker kwarcab Launching Literasi Digital LKPJ LKPM lomba Lowongan LPPD Lurah Majelis Masjid Melestarikan MES Milad Mou MPM MTQ MUI Musprov Narasumber Nataru Nominasi NPC Olahraga OPD Orasi ILmiah OSS P3PM PAAR Pajak pangdam Pariwisata Pasar Paskibraka Paud Pekerja Migran Pelantikan Pelayanan Pelopor Pemateri Pembangunan Pembina Upacara Pembukaan Pemerintah Kota Pemuda Pendidikan Penghargaan Pengukuhan Pengurus PGRI Penyuluhan Perbakin Perda Peresmian Peringatan Perkenalan Pertanahan Pertandingan Pertemuan Pesantren PGRI PHNI PKBM PKK PKS Plh Sekda Plt Asisten I Bidang Pemerintahan Plt Kepala Disdukcapil PMTPSP Posyandu PPID PPKM pppk pramuka Program bebas plastik Program Tahunan ptam PTAM Bandarmasih PUPR PWRI qris Quarantine Zone Radio RRI Rakerkesda Rakor Rakorpusda RamahTamah Rapat Rapat Evaluasi Rapat Koordinasi Rapat Paripurna Raperda RDTR REGSOSEK Retribusi RI rs-rutilahu RSUD Sultan Suriansyah Rutilahu Safari Sambutan SANDIMAN Santri Santunan Sasirangan Sekda Sekretaris Diskominfotik Seleksi Sembako Seminar Siaga Banjir Sidang Terbuka SIDAUS Silahturahim Silatrahmi silaturahim Silaturahmi Siring SKPD Smart City SmartCity smartfm Sosialisasi SPBE SPM sSertifikat Staff Muda Walikota Stakeholders Stunting Sumpah Pemuda Sungai Swab Antigen Syukuran Talkshow Tapin tausyiah Teknologi Terapung TK/TPA TMMD TNI TNI POLRI TP PKK tp2s TPID TPPS Transformasi Digital Turnamen ucapan Ulang Tahun ulang tahun kota banjarmasin ulangtahun UMK UMKM UMP UNDARIS Upacara Upacara Gelar Senja UTTP Vaksinasi Lansia Vaksinasi Masal Virtual Wakapolresta wakil gubernur Wakil Ketua Dekranasda Wakil TP PKK Wakil Walikota Walikota wawali Webinar Wisuda Workshop WUB Zoom Meeting

Belajar Pelayanan Pengaduan ke AS

BANJARMASIN – Menjadi yang terbaik itu tidaklah mudah. Perlu kerja keras, dedikasi dan pengorbanan. Begitulah yang dihadapi para punggawa Pelayanan Pengaduan Setda Kota Banjarmasin.
Sejak dibentuk awal tahun 2017 lalu, pengaduan yang masuk dalam salah satu sub bagian Humas dan Protokol Pemko Banjarmasin ini, terus melakukan pembenahan dan pelayanan kepada publik kota seribu sungai.
Tepat satu tahun berjalan, di awal tahun 2018 ini, Subbag Pengaduan yang dipimpin Kasubag Pelayanan Pengaduan Novri Gitayanti S.Ikom, M.I.Kom, berhasil mendapat apresiasi dari pemerintah pusat sebagai kota yang memiliki salah satu Sub Bagian Pelayanan Pengaduan terbaik dari 10 instansi pemerintah di Indonesia.
Hebatnya, apresiasi tersebut tak hanya diberikan Kemenpan RB saja, tetapi pihak internasional juga memberikan apresiasi kepada Pemko Banjarmasin.
Melalui USAID Cegah yang bermarkas di Amerika Serikat, Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina diundang ke negara Paman Sam untuk mengikuti Public Lecture tentang complain handling system e-lapor dan public feedback to improve goverment di TBA KBRI Washington DC.
Orang nomor satu di Bumi Kayuh Baimbai itu, berangkat ke Amerika Serikat bersama Deputi Kantor Staf Presiden RI Darmawan Prasojo, Anggota Ombudsman RI Dadan S Suharmawijaya, Asisten Deputi KEMENPAN RB RI, M Imanuddin, sejak hari Selasa (14/03).
Di sana, H Ibnu Sina, selain belajar tentang sejarah pengaduan, juga melakukan presentasi dan diskusi dengan beberapa kalangan, mulai dari mahasiswa Indonesia yang belajar di negara tersebut, hingga para reporter senior VOA. “Dari diskusi tentang pelayanan pengaduan diketahui, di Amerika Serikat pejabat khusus yang bekerja untuk pelayanan pengaduan dan tindaklanjutnya selama 24 jam. Kemudian kesimpulan lain yang dapat diambil dalam diskusi tersebut adalah perlunya seorang pemimpin yang mampu menjalankan regulasi konsisten, “ ujar H Ibnu Sina.
Sementara itu, salah seorang reporter senior VOA Abdul Nur Adnan yang sangat tertarik dengan keindahan sungai di Kota Banjarmasin menanyakan, rencana penataan kawasan sungai di Banjarmasin yang menurutnya bisa menjadi Venesia van East.
Bahkan, ia juga mengusulkan perbaikan model klotok (perahu bermesin) dan kebersihan sungai.
Begitu pula dengan Rias Samahu, mahasiswa yang juga ASN Pemkab Alor, NTT menayakan tentang kewajiban Pemkab untuk menerapkan aplikasi LAPOR dan tantangan SDM internal Pemda.
Hal menarik lainnya, lanjut mantan anggota DPRD Kalsel ini lagi, ternyata Amerika Serikat tidak memiliki lembaga Ombudsman tapi dengan pengalaman ORI sehingga orang bisa "curhat".
Dan Amerika Serikat, lanjutnya, punya pengalaman panjang tentang public complaint dan memerlukan biaya besar untuk menjadi seperti saat ini. “Kita tidak harus melalui itu, cukup dengan aplikasi saat ini LAPOR. Sukses LAPOR tergantung komitmen pemimpin dan koordinasi antar dinas,” ucapnya.
Selain belajar tentang tata kelola pelayanan pengaduan, Walikota Banjarmasin ini juga belajar tentang sejarah pengaduan di Amerika Serikat. Pengaduan muncul pertama kali di Kota Boston menggunakan sistem manual dengan 10 orang pekerja yang bekerja 24 jam.
Keluhan yang banyak saat itu tentang salju yang belum disingkirkan dan jalan yang berlobang. “Dalam perkembangannya kemudian muncul hotline 311 dan website serta mobile. Saat ini ada pula portal USA.GOV yang dilaunching pada tahun 2000 via e-gov act, dikelola oleh General Service Administration,”.
Selain melakukan diskusi di KBRI di TBA KBRI Washington DC, H Ibnu Sina juga melakukan presentasi dan diskusi di MSI Jane Wiseman at Harvard University Kennedy School of Goverment. “Topik dalam diskusi di universitas itu tentang strategi kepemimpinan, masalah kebocoran dana, tentang transparansi, dan tentang pembelajaran dari Kota Jersey NJ tentang e gov dan aplikasi lainnya di office of innovation,” jelasnya.
Pointer lain yang diberikan suami Hj Siti Wasilah saat itu tentang pengaduan yang ada di Kota Banjarmasin adalah, LAPOR sangat membantu menampung pengaduan.(humpro-bjm)


 












Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.