Walikota Pantau Harga Sembako

BANJARMASIN – Menjelang Bulan Ramadan 1440 hijriah, Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina bersama instansi terkait melakukan pemantauan harga sejumlah bahan pokok. Bila tahun sebelumnya pemantauan harga di pasar tradisional itu dilakukan menjelang siang hari, maka untuk tahun ini pemantauan dilakukan pagi hari tepatnya sekira pukul 07.00 wita, disaat aktifitas pasar sedang berlangsung. Hasilnya, beberapa bahan kebutuhan pokok, terutama bawang diketahui mengalami sedikit kenaikan harga. Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina berharap, seluruh harga kebutuhan pokok yang dijual, baik di pasar tradisonal maupun di pasar modern, menjelang dan saat Bulan Suci Ramadan nanti tidak mengalami kenaikan. “Mudah-mudahan jalur distribusi lancar dan mudah-mudahan semua pasokan barang kebutuhan pokok tersedia, sehingga harga semua kebutuh pokok tidak mengalami kenaikan dan barang yang diperlukan masyarakat tersedia,” ujarnya, Selasa (30/04).

Kenaikan harga bawang putih itu lantaran keterlambatan suply dari pulau seberang. Namun hal itu dipastikan tidak akan mempengaruhi kebutuhan pokok masyarakat saat Bulan Suci Ramadan nanti.
Sebab, dalam beberapa hari ke depan, suply bahan kebutuhan pokok terutama bawang akan memenuhi pasar-pasar. Menurut Staf Khusus Bidang Kebijakan Perdagangan, Kementerian Pedagangan RI, Radix Siswo, pergeseran harga kebutuhan pokok itu terjadi dikarenakan sementara ini adanya kekosongan pasokan bawang putih yang diakibatkan keterlambatan pengiriman. Namun, ia memastikan pasokan untuk kebutuhan salah satu bahan pokok tersebut dalam waktu dekat akan lancar dan harganya pun akan kembali normal. “Memang ada sedikit pergeseran harga, itu karena memang barangnya mengalami kekosongan. Tetapi untuk bawang putih akan datang minggu depan, jadi dipastikan minggu depan harganya akan turun,” ujarnya.
Stok bawang putih, sebenarnya cukup, lanjutnya, hanya saja, para pedagang sepertinya tidak berani berspekulasi mengingat akhir-akhir ini cuaca tidak menentu. Karena itu, jelasnya, para grosir bawang akhirnya memilih mengeluarkan stoknya secara bertahap. Dibanding harga kemarin, terangnya lagi, harga bawang putih dan harga kebutuhan pokok lainnya relatif lebih normal. “Bawang putih hari ini tidak naik, hanya mempertahankan harga dari kemarin. Untuk lombok tidak ada kenaikan harga, begitu juga dengan daging ayam, harganya juga stabil dari kemaren, karena pasokan tetap masuk,” katanya.
Ia mengimbau agar para pedagang tidak menaikan harga kebutuhan pokok terlalu tinggi.(humpro-bjm)





















R.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram