KKB, KB Bukan Sekedar Pencanangan


BANJARMASIN – Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina menegaskan, dibentuknya Kampung KB, Kampung Baiman bukan sekedar pencanagan semata, tetapi di dalam kampung tersebut terdapat berbagai kegiatan pembangunan yang bertujuan untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat. Orang nomor satu di Bumi Kayuh Baimbai ini juga menyatakan, diakhir tahun nanti, semua Kampung KB, Kampung Baiman yang telah terbentuk akan dilakukan evaluasi, sehingga bila ada kekurangan dalam pelayanan publik akan dilakukan perbaikan secepatnya. “Kampung KB, Kampung Baiman itu di dalamnya memang ada pelayanan publik dan semua jenis pelayanannya. Mudah-mudahan masuk dalam peta kumuh, sehingga ini bisa segera dilakukan perbaikan. Dan tahun ini, paling tidak di akhir tahun nanti, kita akan evaluasi dan segera ditangani dengan baik,” ujarnya, saat meresmikan Kampung KB< Kampung Baiman, di Keluarahan Pangambangan, RW 01, RT 5,6,7, dan 8, Kecamatan Banjarmasin Timur, Selasa (09/04).
Ia berharap, keberadaan Kampung KB, Kampung Baiman dapat didukung tak hanya oleh seluruh lapisan masyarakat, tetapi juga oleh stakeholder. Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banjarmasin Madyan dalam sambutannya mengatakan, di Kampung KB, Kampung Baiman, pelayanan publik yang diberikan tidak hanya menyangkut masalah KB, tetapi juga ada jenis pelayanan lain, seperti kesehatan, pendidikan dan tentang administrasi kependudukan. Karena itu, ia juga berharap, keberadaan kampung tersebut didukung oleh seluruh stakeholder, dan isntansi pemerintah sesuai dengan tugas dan fungsinya. “Kampung KB, Kampung Baiman itu dibentuk dari masyaralat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat, pemerintah hanya melakukan pembinaan saja di dalam kampun tersebut,” katanya.
Di Kota Banjarmasin, pembentukan Kampung KB, Kampung Baiman dilakukan sejak tahun 2016 lalu. Tujuan dibentuknya Kampung KB ini adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung melalui program KKBPK serta pembangunan sektor terkait lainnya, untuk mewujudkan keluarga kecil berkualitas. Sedangkan secara khusus, Kampung KB dibentuk selain untuk meningkatkan peran serta pemerintah, lembaga non pemerintah dan swasta dalam memfasilitasi, mendampingi dan membina masyarakat untuk menyelenggarakan program KKBPK dan pembangunan sektor terkait, juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pembangunan berwawasan kependudukan. Selain meresmikan kawasan tersebut menjadi Kampung KB, Kampung Baiman ke 15, H Ibnu Sina yang hadir bersama Ketua TP PKK Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah juga menyerahkan akte kelahiran, kartu keluarga dan kartu identitas anak kepada keluarga yang baru melahirkan anak. Selain itu, mereka juga mensosialisasikan penggunaan tumbler dan bakul purun kepada warga kawasan tersebut. (humpro-bjm)





























R.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram