Di Kampung KKB, KB Walikota Bagikan Bibit Patin


BANJARMSIN – Peresmian Kampung KB, Kampung Baiman di Kelurahan Kelayan Luar, RW 01, RT 03, RT 04, RT 05, RT 06, RT 07 dan RT 08, Kecamatan Banjarmasin Tengah, sedikit berbeda dari kegiatan sebelumnya. Bila di Kampung KB, Kampung Baiman lain Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina hanya menyerahkan bibit tanaman, akte kelahiran, kartu keluarga dan kartu identitas anak, maka di kawasan tersebut orang nomor satu di kota berjuluk seribu sungai ini membagikan ratusan bibit ikan patin. Tentunya, pembagian bibit tersebut disambut hangat oleh seluruh lapisan masyarakat tersebut. “Terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung pencanangan Kampung KB, Kampung Baiman di Kelurahan Kelayan Luar ini. Karena pembentukan kampung ini sudah melalui rembuk warga, makanya kegiatan ini menjadi agenda yang sangat penting untuk kita bersama-sama menuntaskan kawasan kumuh, di samping program KB dan integrasi program dengan dinas-dinas dan SKPD lainnya,” ujarnya, saat menyampaikan arahannya, Rabu (10/04).
Kegiatan yang dihadiri kepala SKPD terkait, Ketua TP PKK Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah, Wakil Ketua TP PKK Kota Banjarmasin Hj Siti Fatimah, dan para kader Posyandu serta TP PKK itu, H Ibnu Sina kembali berpesan kepada instansi terkait dalam program kampung KB, Kampung Baiman, agar sebelum akhir tahun ini segera menyelesaikan perbaikan di kawasan yang dianggap kumuh. Tak hanya itu, ia juga menghendaki agar Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin lebih memfokuskan kegiatan kebersihan lingkungannya di seluruh kawasan Kampung KB, Kampung Baiman. “Tugas kita selama satu tahun ini menyelesaikan seluruh problem yang ada. Tolong Dinas Perkim dan Dinas PUPR, agar gang-gang yang rusak segera diambil tindakan dan langkah-langkah untuk penyelesaiannya, termasuk juga sampah-sampah harus lebih difokuskan untuk dibesihkan,” katanya.
Kampung KB, Kampung Baiman di Kelurahan Kelayan Luar merupakan kawasan terakhir di tahun 2019 ini masuk dalam prioritas pembenahan, tak hanya dari sisi keluarga berencana saja, tetapi juga dari sisi kesehatan, pendidikan dan adminitrasi kependudukannya juga akan dibenahi. Dalam kesempatan tersebut, ia juga mensosialisasikan program pengurangan sampah plastik, dengan cara membagi-bagikan tumbler kepada warga yang hadir. Dari tahun 2016 hingga tahun 2019, pemerintah daerah yang memiliki slogan Kayuh Baimbai sudah meresmikan sekira 16 buah Kampung KB, Kampung Baiman yang tersebar di lima kecamatan. Program Kampung KB, sejatinya adalah program milik pemerintah pusat dalam hal ini BKKBN. Namun oleh Pemko Banjarmasin program tersebut kemudian disandingkan dengan visi Pemda yakni Barasih wan Nyaman (Baiman), dimana dimasukan program kesehatan, pendidikan, dan tertib administrasi kependudukan. Tujuannya, agar seluruh lapisan masyarakatnya di kawasan dapat menikmati pelayanan publik yang telah disediakan pemerintah.(humpro-bjm)
























R.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram