Bazna Kota Salurkan Bantuan


BANJARMASIN – Tigas ratus orang warga dan dua ratus lima puluh orang kaum dhuafa yang berada di Kecamatan Banjarmasin Tengah dan Banjarmasin Selatan, menerima penyaluran Zakat, Infak Dan Sadaqah (ZIS) dari Baznas Kota Banjarmasin. Penyaluran ZIS yang dihadiri sekaligus dilakukan oleh Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina beserta Ketua Baznas Kota Banjarmasin H Murjani Sani itu, dilaksanakan di Halaman Kantor Kecamatan Banjarmasin Tengah, Selasa (23/04).
Menurut Murjani Sani, distribusi ZIS yang dibagikan itu tiga tahapan. Untuk tahap awal, distribusi ZIS mencakup wilayah Kecamatan Banjarmasin Tengah dan Selatan, dimana untuk satu kecamatannya diberikan bantuan kepada 150 orang warga dengan nilai Rp200 ribu. Distribusi ZIS tahap kedua nanti, lanjutnya, akan dilaksanakan pada tanggal 2 Mei di Kecamatan Banjarmasin Barat, dengan jumlah penerima 150 orang. Sedangkan untuk tahap ketiganya akan dibagikan di Kecamatan Banjarmasin Utara dan Timur pada tanggal 7 Mei dengan jumlah penerima di dua kecamatan tersebut sebanyak 300 orang. “Mulai tahun ini kami mulai mengurangi mustahik di setiap kecamatan, tahun-tahun sebelumnya mustahiknya sebanyak 250 orang per kecamatan, namun kali ini menjadi 150 orang per kecamatan,” ujarnya. Hal tersebut dilakukan, jelasnya, karena Baznas Kota Banjarmasin akan fokus mengubah sistem distribusi konsumtif menjadi distribusi produktif yang lebih terarah dan terukur, dimana dana ZIS akan dialihkan ke Program Zakat Community Developmen (ZCD) di 5 kecamatan di kota ini. “Sekarang sedang dilaksanakan di Kecamatan Banjarmasin Barat, di sana membina 23 KK miskin melalui usaha pembuatan kerupuk ikan dan budidaya daun seledri,” terangnya.
Sementara itu, Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina mengimbau kepada seluruh warga yang memiliki kelebihan harta untuk lebih meningkatkan amal jariah. “Kegiatan seperti ini adalah untuk pertanggung jawaban bahwa dana dan juga sedekah, infaq, zakat yang diamanahkan kepada Baznas itu tersalurkan kepada yang betul-betul berhak menerima, sehingga ada timbal balik yang bisa dipertanggung jawabkan,” ujarnya.
Ia berharap, masyarakat penerima bantuan tersebut dapat menggunakannya dengan baik untuk kebutuhan pokok sehari-hari. Dalam kesempatan tersebut ia juga berpesan agar masyarakat selalu menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggalnya masing-masing. “Tolong diingatkan masyarakat di kampung sekitar pian agar membuang sampah pada tempatnya, jangan membuang sampah sembarangan, jangan membuang sampah ke sungai,” pungkasnya.(humpro-bjm)












R.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram