Dinas Perdagin dan Dekranasda Ikut Ramaikan INACRAFT 2019


BANJARMASIN – Wakil Walikota Banjarmasin H Hermansyah bersama Wakil Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin Hj Siti Fatimah menghadiri upacara pembukaan Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) yang dibuka secara langsung oleh Presiden RI H Joko Widodo, Rabu (24/04).

Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin ikut serta mengisi stand yang di dalamnya berisi banyak kain sasirangan khas Banjarmasin untuk di pamerkan. Tak hanya kain sasirangan, berbagai macam cendera mata seperti tas purun, dompet purun, peci dan boneka bekantan juga tampak diperjual belikan dalam pameran tersebut. Selain Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dekranasda Kota Banjarmasin juga ikut meramaikan pameran yang dilaksanakan selama lima hari tersebut, mulai tanggal 24 sampai 28 April 2019. Pameran produk kerajinan terbesar di Asia Tenggara ini diikuti sebanyak 1700 peserta dari berbagai daerah di Indonesia yang akan mengisi 1400 stand, di Jakarta Convention Center (JCC), Kota Jakarta. Setelah mengikuti upacara pembukaan, Wakil Walikota Banjarmasin H Hermansyah bersama Wakil Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin Hj Siti Fatimah mengunjungi stand dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin dan stand dari Dekranasda Kota Banjarmasin. Tak hanya mengunjungi, Wakil Walikota Banjarmasin H Hermansyah juga mengajak para pembeli yang melintas di depan stand Dekranasda Kota Banjarmasin untuk membeli kain sasirangan yang sedang dipamerkan. “Ayo dibeli kain sasirangan khas Banjarmasin, Kalimantan Selatan,” ujarnya.
Setelah mendengar ajakan itu, satu per satu pembeli yang melintas mulai meramaikan stand tersebut, sekitar puluhan pembeli tertarik untuk berkunjung dan memilih kain atau cendera mata yang sekiranya sesuai dengan selera yang mereka inginkan. Sementara itu, Wakil Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin Hj Siti Fatimah berharap para pengrajin Kota Banjarmasin bisa aktif mempromosikan kain sasirangan terutama berbahan pewarna alam. "Setiap tahun juga Dekranasda Kota Banjarmasin ambil bagian dalam event ini dengan kain sasirangan sebagai produk utamanya. Harapan saya, pengrajin-pengrajin Kota Banjarmasin lewat INACRAFT ke-21 ini bisa aktif mempromosikan kain sasirangan pewarna alam agar lebih dikenal di Indonesia dan Mancanegara," harapnya.
Selain mengunjungi stand dari Banjarmasin, Wakil Walikota Banjarmasin H Hermansyah bersama Wakil Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin Hj Siti Fatimah didampingi Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Hamli Kursani juga mengunjungi stand-stand dari Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan dan stand lainnya dari berbagai daerah di Indonesia. Dalam upacara pembukaan, Presiden RI H Joko Widodo mengatakan bahwa kualitas produk kerajinan di Indonesia semakin meningkat sehingga mempengaruhi daya saing dan nilai ekspor produk. “Kualitas produk-produknya semakin baik dan memang itu yang kita inginkan agar produk-produk kerajinan Indonesia terus naik kelas, naik kapasitas produksinya, naik kualitasnya, naik daya saingnya dan naik kualitas ekspornya,” katanya, saat menyampaikan sambutan.(humpro-bjm)

























R.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram