Wawali Cium Sang Merah Putih


BANJARMASIN – Sesaat setelah menerima bendera merah putih dari baki Paskibraka, Wakil Walikota Banjarmasin H Hermansyah langsung mencium bendera tersebut. Wajahnya terlihat terharu saat memasukan kembali bendera tersebut ke dalam peti penyimpanannya, yang terbuat dari kayu jati.
Pemandangan tersebut terjadi saat kegiatan penurunan bendera merah putih, di Halaman Balai Kota Banjarmasin, Sabtu (17/08).
Bertindak sebagai Perwira Upacara Kapten C.A.J Mahyuni Azis. Untuk Komandan Upacara Kapten Ifantri Ode Saepudin, dan sebagai Komanda Paskibraka Ipda Jody Dharma. Menurut H Hermansyah, mencium bendera Negara itu merupakan tanda bukti kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Memaknai HUT RI ke 74 itu, jelasnya, artinya seluruh masyarakat Indoensia ikut menjaga Negara ini. “Tadi mencium bendera karena itulah kecintaan kita kepada Indonesia, karena mempertahankan dan memperjuangkan kemerdekaan itu sangat luar biasa, banyak pahlawan-pahlawan kita gugur,” ungkapnya, Sabtu (17/08).
Merah putih, terangnya lagi, merupakan warna bendera Bangsa Indonesia. Sebagai lambang Negara semua lapisan masyarakat di Negara ini harus menjaga dan merawatnya. “Jadi jangan hanya di mulut tapi juga harus sampai ke hati mencintainya, karena itulah lambang persatuan negara kita sang pusaka merah putih,” jelasnya.
Menyinggung tentang pembebasan pembayaran PBB dan PDAM bagi para veteran pejuang kemerdekaan, H Hermansyah kembali menjelaskan, proses pelaksanaannya akan dilakukan mulai hari Senin depan. “Ini adalah bentuk kepedulian kita, kepada veteran untuk mengurangi beban mereka, oleh sebab itu kami berharap secepatnya diproses, kalau bisa Senin sudah bisa diproses, termasuk PBB,” pungkasnya.
Sebelum kegiatan penurun bendera dilaksanakan, terlebih dahulu dilakukan parade marching band. Ada tiga grup marching band yang menunjukan kebolehannya sore itu yakni, Gita Patria Pramuka, Corp Genderang Irama MAN 2 Model Banjarmasin, dan Generasi Muda FKPPI Kalsel. Adapun nama-nama Paskibraka yang terlibat langsung dalam kegiatan penaikan dan penurunan bendera itu antara lain, Pasukan 17 terdiri atas Naldo Anggara dari SMAN 3. Theophilus Albert Christian dari SMAN7. M Milky G dari SMAN 1. Dimas Restu H dari SMAN 3. Riski Amelia dari SMKN 4, Hafiz Ansari dari SMK Maestro. Ridha Nur Fitriah dari SMAN 1, Komang Ayu Indah S dari SMA Sabilal, Muhtadin. Nabil Musadik dari Man 2 Model Banjarmasin. Untuk Pasukan 8 terdiri atas, M Fadhel Hafizzurrahman (Pengibar Bendera) dari SMAN 7. Muhammad Saldi (Pengibar Bendera) dari SMAN 3. Nabil Arundaya (Pengibar Bendera) dari SMAN 3. Qurrata A’yun Hidayah (Pembawa Baki Pengibaran) dari SMAN 7, dan Annisa Z.D (Pembawa Baki Pengibaran) SMA N 1 Banjarmasin. Sedangkan Pasukan 45 antara lain, Salsabila dari SMK Maestro. Nur Aprilia dari SMAN 1. Aura Syawal Aglina dari SMKN 2. Noor Aulia Azijah dari SMAN 8. M Rahmad Diannor dari SMAN 11. M Reynaldy Abhista P dari SMAN 1. Rachmad Nanda F.A dari SMAN 1. Lahilasmi Indriani F dari Man 2 Model. Ike Nurhalizah dari SMAN 5. Risma Widya Ananda dari SMKN 3. Firdaus Wahyu Dwianto dari SMAN 1. Azizah dari SMAN 6. Tsaniya Nur Syafiqa dari Man 2 Model.(humpro-bjm)
























R.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram