Walikota Pantau Lomba Maharagu Sungai


BANJARMASIN – Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina memantau penilaian Lomba Maharagu Sungai Kota Banjarmasin Tahun 2019 di Kelurahan Kuin Cerucuk, tepatnya di Sungai Duyung RT 12 Gang Pelangi dan sekitarnya, Sabtu (24/08).
Salah satu kegiatan dalam proses maharagu sungai adalah gotong royong untuk menjaga lingkungan dan juga kelestarian sungai, tidak hanya para pemangku sungai dan masyarakat yang terlibat dalam gotong royong tersebut, pelajar juga ikut membersihkan lingkungan baik di darat maupun di sungai, supaya menumbuhkan rasa cinta kebersihan lingkungan dalam diri mereka. Dalam proses pemantauan lomba yang didampingi Camat Banjarmasin Barat Hj Karlina dan para pemangku sungai itu, orang nomor satu di kota berjuluk seribu sungai ini menghimbau kepada masyarakat Kota Banjarmasin untuk selalu menjaga sungai tidak hanya pada saat lomba, tetapi sampai seterusnya. “Saya berharap ini tidak hanya bersih hari ini tapi seterusnya. Ayo jaga sungai-sungai kita, tidak membuang sampah ke sungai, kurangi sampah plastik, buang sampah pada tempatnya,” ujarnya, disela-sela memantau kondisi sungai. Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kesadaran masyarakat yang sudah tidak BAB di sungai, karena jamban tidak boleh lagi di sungai tapi pindah ke rumah kemudian pemerintah juga menyediakan yang namanya biofil. Sementara itu, Pembina sekaligus Pendamping Lomba Maharagu Sungai di Kecamatan Banjarmasin Barat, Sofiatun mengatakan, pihaknya selalu memberikan sosialisasi kepada para pemangku sungai dan masyarakat. “Kami selalu memberikan sosialisasi kepada setiap pemangku sungai agar mengedukasi masyarakat yang ada di lingkungan pemangku tersebut untuk melakukan aksi peduli lingkungan seperti jangan sampai membuang sampah ke sungai,” katanya.
Lebih lanjut dikatakan Sofiatun, masyarakat sudah menyediakan tempat sampah yang dikelola dengan baik, untuk sampah organik mereka sudah menyiapkan untuk dibikin kompos, untuk sampah plastik yang masih bisa dipergunakan mereka akan menggunakan untuk bahan-bahan ecobrick yaitu botol plastik yang diisi padat dengan limbah non-biologis untuk membuat blok bangunan yang dapat digunakan kembali.(humpro-bjm)























R.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram