Target Penjualan 1 Milyar, Pameran Dagang Magnet Wisatawan Asing

BANJARMASIN - Meriahnya gelaran Pameran Dagang Kota Banjarmasin (Banjarmasin Trade Expo) Tahun 2018 di Siring Tandean, selain menampilkan produk lokal berkualitas dari berbagai pelaku usaha, stand pameran sempat dikunjungi puluhan turis asing. Mereka adalah peserta Delegasi Friendship Force Chicago International yang sedang berwisata ke Kota Banjarmasin. Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina bersama H Hermansyah menyambut gembira kedatangan para delegasi seraya mengajak berkeliling stand sambil memperkenalkan produk unggulan khas Banjarmasin, seperti kain sasirangan, serta sejumlah panganan khas Kalimantan Selatan. H Ibnu Sina mengaku kehadiran para wisatawan ini sangat tepat sebagai ajang promosi memperkenalkan produk lokal kepada wisatawan asing agar bisa lebih dikenal di mancanegara. "Saya berharap para delegasi bisa berbelanja di sini jika ada yang menarik minat, jangan hanya sekedar berwisata. Produk yang dibeli bisa dibawa pulang ke negara mereka sebagai souvenir, dan pastinya akan mengangkat nama Kota Banjarmasin sebagai Kota Sungai Terindah dan Kalsel tentunya, serta memberikan suatu paradigma yang positif tentang Banjarmasin yang kaya akan budaya, keramahan masyarakatnya dan kelezatan kulinernya." ujarnya.
Selama di Kalimantan Selatan, Friendship Force Chicago yang dipimpin oleh Katherine Coyner -President of Friendship Force Chicago- dan Olga Nelson -Pimpinan Group-Exchange Director beserta rombongan  didampingi Friendship Force Banjarmasin dipercaya untuk menerima delegasi dari Amerika Serikat yang berasal dari Chicago dari tanggal 20 hingga 27 September 2018. Selain Banjarmasin rombongan juga mengunjungi beberapa kabupaten kota lain di kalsel. Melalui Exchange Program atau Program Pertukaran Antar Warga di Dunia dengan misi menciptakan perdamaian atau Peace Among Nations The Friendship Force.  Friendship Force bertujuan menjalin persahabatan antar bangsa di dunia ini dengan melakukan berbagai macam kegiatan pertukaran warga antar negara untuk mempelajari kultur dan budaya setempat. “Kunjungan ini, adalah kunjungan balasan dari Friendship Chicago karena tahun sebelumnya Friendship Banjarmasin berkunjung ke Friendship Chicago. Ini merupakan pengalaman menarik, dan kami juga menyaksikan olahan kerajinan yang ada di sini,” ujarnya menyampaikan menyampaikan lewat penterjemah.
Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian mengaku, pameran dagang diisi 70 stan atau pelaku usaha, tidak hanya dari Banjarmasin , ada pula dari pulau jawa yang turut memeriahkan. Turut pula diramaikan dengan hiburan dari artis lokal saat siang dan malam. Khairil menarget, Pameran Dagang mampu menarik wisatawan dengan target penjualan Rp 1 miliar. "Produk yang ditonjolkan yakni kain sasirangan, sovenir, dan kuliner. Ini bentuk promosi dalam rangka menyemarakkan dan promosi produk unggulan lokal. " katanya.

Pameran dibuka langsung oleh Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina, Wakil Wali Kota Banjarmasin H Hermansyah, Dandim 1007 Kol Inf Teguh Wiratama yang ditandai dengan pemukulan gong. H Ibnu Sina mengharapkan, pameran dagang ini akan mempererat hubungan dagang antar daerah di Kalimantan Selatan.serta mempertemukan langsung antara investor atau konsumen dengan pelaku usaha  “Sebanyak 13 Kabupaten/Kota di Kalsel hadir menampilkan produk unggulan daerah, di usianya yang ke-492 Tahun Banjarmasin sudah menjadi pusat perdagangan dan jasa, roda perdagangan dan industri lokal terus berkembang harusnya” ujarnya menambahkan.(humpro-bjm)


 

R.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram