Ribuan Warga Antusias Tonton Festival Tanglong, Total Hadiah 205 Juta

BANJARMASIN - Festival Jukung Hias atau Jukung Tanglong, Event rutin tahunan serta dalam rangka turut menyemarakkan Hari Jadi ke-489 Kota Banjarmasin digelar di sungai martapura (22/9). Lebih dari 30 perahu kecil maupun besar hilir mudik sepanjang sungai, dengan kerlap kelip lampu dan ornamen hias, mulai dari maket patung garuda wisnu kencana, Menara Eifel, Pramid Mesir lengkap dengan spinx , hingga kincir angin belanda. Ada pula jukung yang di kayuh puluhan bekantan mini, memanjakan mata penonton yang memadati sepanjang siring tandean dansiring sabilal sejak senja hingga malam hari.

Lewat Panggung utama, Walikota Banjarmasin H. Ibnu Sina, Wakil Walikota Banjarmasin H. Hermansyah serta jajaran Forkopimda menyaksikan kemeriahan Jukung hias. Tampak pula Ketua TP-PKK kota Banjarmasin dan Wakil Ketua TP-PKK Kota Banjarmasin beserta jajaran yang nampak asik mengabadikan kemeriahan lewat HP sambil ber-swafoto.

Dalam Sambutannya, Ibnu mengucapkan syukur atas terselenggaranya Festival Jukung hias ini berkat partisipasi masyarakat yang sangat luar biasa. Dihelatnya festival ini selain sebagai sarana hiburan bagi masyarakat Banjarmasin dan bagian dari rangkaian Hari Jadi Kota Banjarmasin serta upaya melestarikan budaya sungai.

"Menikmati sungai tidak hanya siang hari, tetapi bisa di malam hari dengan kemilau tanglong yang ada di Sungai Martapura. Salut dengan kreatifitas warga yang luar biasa, ada yang menggunakan botol bekas minuman sebagai jukung, bisa mengapung ternyata, Saya harap bisa dikembangkan lagi kedepan" ujarnya

Kepala dinas Kebudayaan dan Pariwisata M Ikhsan Alhaque menambahkan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta jukung. Di antatanya 19 peserta jukung atau perahu dengan mesin, dan 11 jukung atau perahu tanpa mesin. yang berbeda dari sebelumnya, jumlah hadiah yang disediakan meningkat 2 kali lipat dari tahun sebelumnya "tahun ini panitia menyediakan hadiah nerupa uang pembinaan total 205 juta rupiah, lebih besar dari tahun 2017 lalu". ujarnya

Ikhsan juga menambahkan Kegiatan ini berjuluk Kemilau Banjarmasin Bungas, Festival Jukung Hias Tanglong 2018 dan mengangkat tema "Dunia di Sungai Banjarmasin". event yang menjadikan sungai banjarmasin sebagai pentas dunia sebagai kesenian dan budaya. Serta sebagai wujud untuk terus melestarikan budaya.(humpro-bjm)
 
 
 


 

R.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram