PKK Banjarmasin Wakili Kalsel Lomba Tingkat Nasional


BANJARMASIN – PKK Kota Banjarmasin akan mewakili Provinsi Kalsel dalam Lomba Kesatuan Gerak PKK, KKBPK dan Kesehatan tingkat Nasional tahun 2019. Hal ini dikatakan langsung oleh Ketua Tim Penilai Verifikasi Lapangan Pelaksanaan Lomba Kesatuan Gerak PKK-KKBPK, Kesehatan Tingkat Nasional, Komari, saat di Kelurahan Teluk Dalam, Kecamatan Banjarmasin Barat. “Ada enam kota se Indonesia yang dipilih mengikuti lomba ditingkat nasional, salah satunya Kota Banjarmasin,” ujarnya, disela-sela menyampaikan sambutannya, saat kegiatan Verifikasi Lapangan penilaian lomba tersebut, Jumat (03/05).
Selain itu, ia juga menyatakan kota berjuluk seribu sungai ini akan menjadi tuan rumah dalam kegiatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) tahun 2019. “Mudah-mudahan nanti Presiden yang akan hadir dan menyerahkan penghargaan untuk Kota Banjarmasin,” katanya lagi.
Dalam, lomba tersebut, ada tiga tempat yang dijadikan lokasi penilaian yakni, Kelurahan Teluk Dalam di Jalan Sutoyo S, Banjarmasin Barat, Kampung KB Kampung Baiman di Jalan Batu Benawa, Kecamatan Banjarmasin Tengah dan kawasan budidaya ikan terpak di Jalan Batu Piring, Kecamatan Banjarmasin. Di sana, tim penilai selain melakukan audensi dengan pemilik tambak juga memanen ikan papuyu. Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina mengatakan, salah satu dukungan yang diberikan Pemko Banjarmasin dalam kegiatan kesatuan gerak PKK KKBPK Kesehatan adalah dengan dicanangkannya beberapa Kampung KB di Kota Banjarmasin. Hingga saat ini, jelasnya, sudah terbentuk 16 Kampung KB, Kampung Baiman. “Jadi untuk Kota Banjarmasin program Kampung KB ini diperluas dengan Kampung Baiman, Baiman itu visi misi Banjarmasin yaitu Barasaih wan Nyaman. Di situlah kesatuan gerak PKK, DPPKBPM bersama-sama seluruh SKPD terkait,” ujarnya, saat menyampaikan sambutan. Kampung KB, Kampung Baiman itu, terangnya lagi, bukan hanya soal keluarga berencana tetapi juga terkait dengan integrasi program pembangunan seperti bidang infrastruktur, bidang pendidikan, kesehatan dan tertib administrasi kependudukan. “Dengan dibetuknya Kampung KB, Kampung Baiman, begitu anak lahir, otomatis mendapatkan 3 kartu identitas sekaligus yaitu Kartu Keluarga, Akta Kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA). Program ini dikerjakan bekerja sama dengan Dinas Dukcapil Kota Banjarmasin, kemudian dengan adanya kampung tersebut saya ingin pastikan bahwa infrastrukturnya diperbaiki, serta potensi yang ada di kampung tersebut dikembangkan seperti perkebunan dan wisatanya,” pungkasnya.
Untuk diketahui, kegiatan verifikasi oleh tim terpadu pusat merupakan tindak lanjut dari surat Plt Deputi Administrasi tentang Verifikasi Lapangan Nominator Pelaksanaan Terbaik Momentum Kesatuan Gerak PKK-KKBPK Kesehatan, tahun 2018-2019. Kegiatan kesatuan gerak PKK KKBPK kesehatan tertuju pada kegiatan-kegiatan kelompok swadaya masyarakat, PKK, institusi KKBPK dan kesehatan di desa dengan kader sebagai ujung tombak keluarga sebagai sasaran utama. Keterpaduan kegiatan ini melibatkan kelompok masyarakat untuk dapat meningkatkan taraf kesehatan, pemberdayaan keluarga di bidang ekonomi, serta menjadi peserta KB. Diharapkan, keterpadudan kegiatan ini dapat menangkal dampak negatif krisis ekonomi yang mengakibatkan menurunnya daya beli masyarakat, dan berdampak positif pada kelangsungan pemakaian alat kontrasepsi, status gizi dan kesehatan masyarakat khususnya anak dan balita terutama di kalangan keluarga miskin dan tertinggal.(humpro-bjm)


























R.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram