Verifikasi Lomba PKDRT Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan

TP PKK Provinsi kalimantan Selatan melakukan Verifikasi Lomba PKDRT Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di Aula Kelurahan Teluk Dalam Kecamatan Banjarmasin Barat, Sabtu 25 Maret 2017.

Lomba PKDRT Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan dalam rangka HKG PKK ke 45 Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2017. Untuk Kota Banjarmasin program PKK yang termasuk dalam penilaian lomba adalah PKDRT diwakili Kelurahan Teluk Dalam dan UP2K di wakili Kelurahan Basirih Selatan.

Kedatangan Tim Penilai Verifikasi Lomba PKDRT dan UP2K Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan didampingi Ketua TP PKK Kota Banjarmasin dr. Siti Wasilah, M.Si dan Jajarannya, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Banjarmasin Iwan Fitriadi, SH, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banjarmasin Drs. Madyan, M.Si, Kepala Dinas Sosial Kota Banjarmasin Drs. Esya zain Hafizie, M.AP dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian Perikanan Kota Banjarmasin Ir. Lauhem Mahfuzi, M.AP, dan Camat Banjarmasin Barat Drs. Diyan Noor, MA menyaksikan siswa-siswi TK PKK Damai yang menampilkan lagu terkait PKDRT.

Tim Penilai Verifikasi Lomba PKDRT dan UP2K Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan dari unsur Pokja III sejumlah 4 orang. Pada verifikasi kali ini tim penilai didampingi Ketua TP PKK Kota Banjarmasin dr. Siti Wasilah, M.Si, Med dan jajaran PKK Kecamatan dan Kelurahan menyaksikan simulasi PKDRT yang ditampilkan oleh kelompok PKDRT Kelurahan Teluk Dalam dan unsur Babinsa. Topik yang dibahas adalah Penghapusan KDRT, dengan sub topik pencegahan KDRT. Serta ekspose tentang PKDRT Kelurahan Teluk Dalam Kecamatan Banjarmasin Barat.

Latar belakang dibentuknya Tim PKDRT karena banyaknya kasus-kasus KDRT ditemukan di masyarakat Kelurahan Teluk Dalam, maka dibentuklah PIK Keluarga di Kelurahan Teluk Dalam yang menangani konseling keluarga. Selanjutnya karena kasus kekerasan masih sering terdengar dan terjadi baik kekerasan fisik dan psikis, penelantaran terutama pada anak maka dibentuklah PATBM (Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat) dengan maksud masyarakat Teluk Dalam diajak ikut serta dalam perlindungan anak dan melindungi serta memperjuangkan hak-hak anak. Kemudian dibentuklah PIK Kelurahan Benawa Bungas di RT. 47 RW. 4 dalam rangka optimalisasi penyebaran dan pemberian layanan informasi dan konsultasi keluarga. Dan dikarenakan melihat banyaknya kasus-kasus yang melibatkan anak-anak dibawah umur 18 tahun maka dibentuklah Forum Anak Kelurahan Teluk Dalam sebagai konselor sebaya bagi anak-anak.

Setelah menyaksikan simulasi dan ekspose PKDRT, dilakukan penyematan pin kepada tim penilai verifikasi. Pada kesempatan ini tim penilai mengapesiasi hasil kerajinan tangan ibu-ibu anggota tim PKDRT dan melihat mobil perlindungan perempuan dan anak bantuan Pemerintah Pusat. Walikota Banjarmasin Ibnu Sina berkesempatan meninjau Kelurahan Teluk Dalam Kecamatan Banjarmasin Barat untuk melihat proses verifikasi oleh Tim Penilai Provinsi Kalimantan Selatan.

Verifikasi oleh Tim Penilai Provinsi Kalimantan Selatan dilanjutkan dengan peninjauan lapangan menuju Kelurahan Basirih Selatan Kecamatan Banjarmasin Selatan. Di Kelurahan Basirih Selatan, tim penilai melakukan verifikasi kepada kepengurusan UP2K Merak, dan melihat ekspose anggota UP2K Merak.

Turut hadir pada kegiatan ini Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Banjarmasin Drs. Kasman, M.AP, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin Drs. Khairil Anwar, M.Si dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian Perikanan Kota Banjarmasin Ir. Lauhem Mahfuzi, M.AP, Camat Banjarmasin Selatan Drs. Yusrin, Lurah Basirih Selatan Harun Nurasyid dan Jajarannya.

Terkait verifikasi Lomba PKDRT Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan dr. Siti Wasilah, M.Si, Med selaku Ketua TP PKK Kota Banjarmasin menyampaikan bahwa kegiatan ini agenda apresiasi untuk Kabupaten/Kota. Banjarmasin dalam hal Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT) pertama kali menjalani apresiasi ini.

Dengan adanya Tim Penilai dari Provinsi Kalimantan Selatan mendorong upaya-upaya kita dalam pencegahan terhadap kekerasan dalam rumah tangga. Tujuannya karena aspek rumah tangga itu meliputi upaya Perlindungan, Pencegahan dan Pemberdayaan, maka ketiga kegiatan itu bisa kita dorong di Kota Banjarmasin”, ujar Siti Wasilah.

Sehari sebelumnya Jumat 24 Maret 2017 dilakukan Rapat Persiapan Verifikasi Lomba PKDRT Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di TK. PKK Damai Kelurahan Teluk Dalam Kecamatan Banjarmasin Barat.

Kegiatan ini dalam rangka persiapan Lomba PKDRT Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan yang akan dilaksanakan Tanggal 25 Maret 2017 di Kelurahan Teluk Dalam Kecamatan Banjarmasin Barat. Hadir pada acara ini Ketua TP PKK Kecamatan Banjarmasin Barat Hj. Nur Eliani, S.Sos dan Jajarannya, Kepala Sekolah TK PKK Damai Murniati, S.Pd, Ketua Yayasan Noor Laina dan jajarannya serta siswa-siswi TK PKK Damai.(Humpro-Bjm)

Displaying DSCN3780.JPG

Displaying DSCN3794.JPG

Displaying DSCN3800.JPG

Displaying DSCN3827.JPG

Displaying DSCN3878.JPG

R.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram