Kemendagri Apresiasi Realisasi Keuangan Pemko

 BANJARMASIN – Tercapainya realisasi APBD Kota Banjarmasin dan Belanja Daerah tahun anggaran 2020 yang melampaui target rata-rata nasional, mendapat apresiasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

Apresiasi tersebut disampaikan Sekretaris Ditjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Drs Komaedi, pada saat kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Penerapan Peraturan Menteri Dalam Negeri (PMDN) Nomor 79 Tahun 2018 tentang Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) terkait Pengelolaan Keuangan BLUD, yang dibuka oleh Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina.
Menurut Komaedi, realisasi APBD sebesar 100,84 persen dan 75,65 persen untuk Belanja Daerah itu, merupakan sebuah prestasi Kota Banjarmasin karena mampu melampaui target rata-rata nasional. “Prestasi yang sudah dicapai di Kota Banjarmasin ini sudah sangat baik sekali, penyelenggaraan Pilkadanya juga cukup bagus, lalu realisasi pendapatannya juga sudah melampaui target yang ditetapkan, kemudian realisasi belanjanya ini juga sudah di atas rata-rata nasional, Kabupaten Kota seluruh Indonesia, ujarnya, Jumat (11/12).
Sementara itu, terkait dengan pelaksanaan FGD Penerapan PMDN tentang BLUD, Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu solusi terhadap persoalan pengelolaan keuangan di tingkat puskesmas, BLUD dan sebagainya.
Maka dari itu, ia berharap kegiatan diskusi tersebut bisa benar-benar memberikan solusi agar pelayanan-pelayanan publik dapat berjalan maksimal. “Oleh karena itu, untuk memperbaiki kondisi ini, diharapkan dengan BLUD ini merupakan salah satu solusi terhadap persoalan tersebut, sehingga pelayanan publik itu bisa maksimal dan tidak ada keraguan bagi kepala-kepala BLUD, pimpinan puskesmas, dan juga badan pengelolaan BLUD lainnya untuk ragu-ragu dalam mengambil keputusan,” harapnya.
Bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Ditjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Drs Komaedi, Kepala Seksi BLUD Wilayah II Subdit BLUD Direktorat BUMD dan BMD Ditjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Wisnu Saputro, dan Kepala Seksi BLUD Wilayah I Subdit BLUD Direktorat BUMD dan BMD Ditjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Ananto Budiono.







Labels:

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.