Tahun ini TMMD di Kuin Kacil


BANJARMASIN – Kodim 1007 Banjarmasin tak lama lagi akan melaksanakan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD). Lokasi yang dipilih untuk pelaksanaan kegiatan ke 105 tersebut adalah kawasan perbatasan pinggiran di Kecamatan Banjarmasin Selatan tepatnya di Kuin Kacil, Kelurahan Mantuil, Kecamatan Banjarmasin Selatan. “Visi dan Misi Pemko Banjarmasin itu salah satunya adalah membangun daerah terluar, kemudian daerah tertinggal, terkebelakang atau daerah pinggiran. Ini sudah sangat sesuai dgn visi misi kita,” ucap Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, usai kegiatan Ekspose TMMD oleh Dandim 1007 di Ruang Rapat Integrasi, Balai Kota Banjarmasin, Kamis (04/07).

Dalam kegiatan TMMD nanti, jelas orang nomor satu di kota berjuluk seribu sungai ini lagi, salah satu yang akan dikerjakan adalah pembuatan akses jalan, dengan tujuan untuk memperlancar roda perekonomian masyarakat setempat yang rata-rata hidup sebagai petani. “Saya kira pembuatan jalan tersebut cukup vital untuk kawasan yang tidak ada aksesnya, kemudian kawasan itu adalah kawasan lahan pertanian, sehingga ini juga berfungsi untuk jalan usaha tani,” katanya.

Tak hanya untuk jalan bagi usaha tani, tetapi kawasan yang akan menjadi lokasi TMMD itu ternyata merupakan salah satu destinasi wisata unggulan Bumi Kayuh Baimbai. “Kawasan Mantuil dan sekitarnya itu adalah salah satu destinasi pariwisata yang cukup eksotik terutama di kawasan Kuin Kacilnya, sehingga dengan adanya TMMD ini, masyarakat diharap juga sadar tentang potensi besar yang mereka miliki, sehingga bisa memanfaatkan lahan dan potensi yang ada secara maksimal,” ujarnya.

Dalam ekspos rencana TMMD bertemakan Bersama TMMD Membangun Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat yang dilakukan langsung oleh Dandim 1007 Banjarmasin Letkol Inf Nopid Arif, tampak hadir Wakil Walikota Banjarmasin H Hermansyah, para kepala SKPD terkait dan anggota Kodim 1007 Banjarmasin. Dalam paparannya, Letkol Inf Nopid Arif mengatakan, dasar dilaksanakan kegiatan TMMD itu salah satunya adalah kegiatan Musrenbang tingkat kota yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu. “Tujuan kami melaksanakan TMMD untuk melakukan pemerataan pembangunan di Kota Banjarmasin, kemudian mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat,” ujarnya.

Harapannya, lanjutnya, dengan adanya TMMD ini bisa bermanfaat bagi masyarakat khususnya bagi masyarakat Kota Banjarmasin. “Kami ingin adanya kesamaan visi dan misi antara Pemko Banjarmasin dan TNI, dan ini sudah sesuai dengan visi misi kita yakni, membangun dari daerah pinggiran dan membangun kesadaran masyarakat untuk merasa memiliki, serta membangun semangat masyarakat untuk bergotongrotong,” jelasnya. Waktu pelaksanaan TMMD itu sendiri, terangnya, direncanakan dimulai dari tanggal 11 Juli sampai 8 Agustus 2019. “Pembukaannya akan dilaksanakan tanggal 11 Juli pukul 09.00 WITA, sedangkan pra TMMD sudah dilaksanakan 14 hari dari tanggal 17 Juni sampai 7 Juli,” katanya.(kominfo-bjm)






R.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram