PKK Kota Banjarmasin Raih Pakarti Utama PAAR Tingkat Nasional


BANJARMASIN – TP PKK Kota Banjarmasin berhasil meraih Pakarti Utama II atau juara dua tingkat nasional Pelaksana Terbaik Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) Dengan Penuh Cinta dan Kasih Sayang. Lomba tersebut dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG-PKK) ke 47 tahun 2019, Rabu (24/07).

Penyerahan penghargaan yang diraih TP PKK kota berjuluk seribu sungai itu, dilakukan langsung oleh Ketua Umum TP PKK Pusat Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, dan diterima oleh Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Selatan Hj Raudhatul Jannah, Ketua TP PKK Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah, dan Ketua TP PKK Kecamatan Banjarmasin Timur. Sebelumnya, verifikasi lomba tersebut dilaksanakan di Kecamatan Banjarmasin Timur dengan lokus utama di Kelurahan Sungai Lulut dan beberapa kelurahan pendukung lainnya di Kecamatan Banjarmasin Timur, seperti Banua Anyar dan Sungai Bilu, dan dinilai langsung oleh juri dari TP PKK Pusat pada tanggal 12 Juli 2019 lalu. Pada saat verifikasi lomba, Kota Banjarmasin menampilkan beberapa keunggulannya seperti ragam inovasi tanggui kasih sayang dan data online PAAR terpadu, pemanfaatan RPTRA Banua Anyar, yang mana ruang publik terbuka ramah anak tersebut kerap dimanfaatkan untuk sosialisasi PKBN, PKDRT, Sekolah Ibu hingga pencegahan peredaran Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya (NAPZA). Tak kalah menarik, sebagai kota inklusi, TP PKK Kota Banjarmasin juga melibatkan komunitas difabel dalam berbagai kegiatan dan sosialisasi PAAR seperti paduan isyarat, belajar Al Quran, maupun pemberdayaan remaja difabel. Di Kalimantan Selatan, selain Kota Banjarmasin juga ada beberapa Kota/Kabupaten yang mendapat predikat juara, diantaranya, Kota Banjarbaru meraih juara dua Pelaksana Terbaik Tertib Administrasi PKK, Kabupaten Tabalong meraih juara tiga Pelaksana Terbaik Pemanfaatan Halaman Pekarangan (Hatinya PKK), dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah meraih Pakarti Madya I atau juara harapan satu Pelaksana Terbaik Usaha Peningkatan Pendapatan Ekonomi Keluarga (UP2K). Setelah menerima penghargaan, Ketua TP PKK Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah menyampaikan rasa terima kasihnya atas kerja keras yang sudah dilakukan seluruh Tim Penggerak PKK. “Terima kasih saya ucapkan kepada seluruh kader PKK yang sudah bekerja keras mensosialisasikan Program PAAR ini, dan bersinergi dengan semua pihak, sehingga Kota Banjarmasin berhasil mendapatkan juara kedua tingkat nasional,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum PKK Pusat Erni Guntarti Tjahjo Kumolo menyampaikan rasa bangganya kepada seluruh Tim Penggerak PKK se Indonesia yang berhasil meraih penghargaan. “Dan semoga yang belum dapat penghargaan bisa lebih giat lagi karena inilah hasil pembinaan kita di daerah masing-masing,” katanya, saat menyampaikan sambutan. Kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan RTH Imam Bonjol, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat itu, dirangkai dengan pembukaan pameran UP2K yang menampilkan 150 stand dari berbagai daerah se Indonesia. Lebih lanjut Erni Guntarti Tjahjo Kumolo mengatakan, bahwa pameran merupakan salah satu upaya untuk memperkenalkan dan mensosialisasikan berbagai program peningkatan pendapatan ekonomi keluarga, dan dalam kesempatan pameran UP2K ini menampilkan berbagai produk dari sejumlah kelompok usaha yang dikelola melalui program upaya peningkatan pendapatan ekonomi keluarga PKK atau UP2K dari seluruh provinsi di Indonesia. Dalam kegiatan ini Gubernur Provinsi Sumatera Barat Irwan Prayitno juga menyampaikan rasa terima kasihnya karena telah mempercayakan Provinsi Sumatera Barat Khususnya Kota Padang untuk melaksanakan kegiatan tersebut. “Tentu kami sebagai tuan rumah merasa sangat senang kedatangan tamu dari berbagai daerah se Indonesia, apalagi Ibu-ibu yang datang ke sini untuk bersilaturahmi dan pada pameran ini juga memperkenalkan produk-produk dari daerah masing-masing,” katanya, saat menyampaikan sambutan selamat datang.(humpro-bjm)





















R.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram