Maklumat Banjarmasin Siap ke Istana






Maklumat Banjarmasin. Begitulah sebutan untuk hasil Kongres Sungai Indonesia (KSI) ke III yang dilaksanakan di Kota Banjarmasin.
Ada 5 point keputusan yang tertuang dalam hasil kongres bersama para pencinta sungai se Indonesia itu, salah satunya mendesak pembentukan Badan Otoritas Sungai atau kementerian sungai, membentuk jejaring gerakan  komunitas sungai dan melibatkan peran dunia usaha dan industri guna mempercepatproses pemulihan kualitas, kuantitas, penataan sungai dan sumberdaya air yang ramah lingkungan.
Menurut H Ibnu Sina, persoalan sungai di Indonesia masih menjadi masalah serius yang harus diselesaikan, baik oleh Pemerintah maupun elemen masyarakat yang berkepentingan terhadap sungai.
Lebihlanjut dikatakannya, implementasi di lapangan para pihak yang bertanggungjawab atau stake holder utama yang bertanggungjawab pengelolaan sungai masih bekerja sendiri-sendiri.
Untuk itu, ujar orang nomor satu di kota seribu sungai ini, diharapkan adanya strategi konsolidasi untuk dirumuskan bersama-sama. “Saya berharap hasil kongres ini bisa digaungkan bersama-sama oleh para pemangku kepentingan, untuk selanjutnya kita sampaikan ke Istana. Karena Kongres ke empat ini rencanannya akan dilaksanakan di Jakarta,”  ujarnya, saat menyampaikan sambutannya, Sabtu (04/11).
Sementara itu, Ketua Pelaksana Kegiatan KSI III, Syaiful Adhar mengajak seluruh peserta untuk mewujudkan mimpi mereka tentang keberadaan sungai di Indonesia melalui Deklarasi Banjarmasin.
Rangkaian lain yang dilaksanakan dalam kegiatan  tersebut, Walikota menerima buku dari Srikandi Sungai Indonesia Pusat. Buku tersebut berisi edukasi tentang sungai untuk kalangan dewasa dan anak-anak.
Sekedar mengingatkan, sejak tanggal 1 hingga 4 November lalu, Kota Banjarmasin menjadi tempat untuk melaksanakan kegiatan Kongres Sungai Indonesia III.
Kegiatan kongres tersebut diikuti berbagai kalangan masyarakat, mulai dari pemerintahan, swasta hingga komunitas.
Tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut untuk mencari kesamaan visi dan misi mewujudkan sungai yang indah dan bersih di seluruh nusantara.

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.