40 CPNS Ikuti Pelatihan Dasar


BANJARMASIN – Wakil Walikota Banjarmasin H Hermansyah menegaskan, para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Banjarmasin yang dinyatakan lulus dalam tes yang dilaksanakan pada tahun 2018 lalu, harus giat bekerja membangun Kota Banjarmasin dan selalu fokus dalam bekerja khususnya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Penegasan itu dikatakannya saat membuka kegiatan Pelatihan Dasar CPNS Golongan II, Angkatan ke II, tahun 2019, di Balai Diklat Badan Kepegawaian Daerah Pendidikan dan Pelatihan (BKDPP) Kota Banjarmasin, di Jalan Kayutangi II, Banjarmasin Utara, Kamis (05/09).
Selain itu, ia juga menyatakan tak ingin ke depannya ada CPNS yang telah ditempatkan disebuah instansi, kemudian meminta pindah tugas ke instasi lain atau ke daerah lain. “Jadi saya ingin CPNS ini setelah ditempatkan disebuah instansi, harus focus melaksanakan tugas, dan jangan minta pindah,” ucapnya.
Ia berharap, dengan adanya kegiatan tersebut, nantinya ketika dikembalikan ke instansinya, para CPNS tersebut sudah siap bekerja menjalankan tugas-tugasnya melayani masyarakat. “Kita berharap dengan adanya kegiatan ini mereka siap pakai. Jangan sampai ditempat tugas mereka masih belajar. Kalau ada yang belum tahu, tolong ditanyakan, yang belum mengerti ditanyakan, supaya pada waktu nanti sudah banyak bekal yang mereka dapatkan,” harapnya.
Kegiatan pelatihan dasar itu dilaksanakan selama 51 hari kerja atau sebanyak 511 jam pelajaran. Jumlah peserta kegiatan sekira 40 orang, terdiri dari Dinas Kominfotik Kota Banjarmasin sebanyak 2 orang. Kemudian CPNS dari RSUD Sultan Suriansyah 37 orang, dan CPNS dari Puskesmas Sungai Bilu sebanyak 1 orang. Sesuai target untuk mencapai kompetensi CPNS yang profesional dalam melayani masyarakat, maka materi kurikulum yang diberikan antara lain, kurikulum pembentukan karakter PNS yang terdiri dari, agenda sikap perilaku bela Negara, agenda nilai-nilai dasar PNS, agenda kedudukan dan peran PNS dalam NKRI, dan agenda habituasi. Kemudian materi kurikulum penguatan kompetensi teknis bidang tugas struktur, yang menekankan pada praktik pengembangan kompetensi dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas dan jabatan yang terdiri dari, agenda untuk memenuhi kompetensi teknis administrasi, dan agenda untuk memenuhi kompetensi teknis substantive. Kepala BKDPP Kota Banjarmasin, Ahmad Syafri Azmi menjelaskan, tahun 2019 ini instansi yang dipimpinya telah dua kali melaksanakan pelatihan dasar bagi para CPNS. Angkatan pertama, bebernya, peserta yang mengikuti pelatihan dasar sebanyak 40 orang. Dan angkatan kedua ini, jumlahnya pun sama yakni sekira 40 orang. “Yang kita laksanakan hari ini khusus golongan II, tapi bukan II a, melainkan diploma atau D3. Khusus untuk hari ini pesertanya campuran, pertama dari rumah sakit yaitu berjumlah 37 orang kemudian dari puskesmas 1 orang, kemudian dari Kominfo 2 orang,” ujarnya.
Dikatakannya lagi, kegiatan pelatihan dasar itu merupakan salah satu syarat wajib yang harus diikuti seluruh CPNS, sebelum diangkat sebagai PNS. Dengan adanya kegiatan yang dulunya disebut Prajabatan ini, diharapkan dapat langsung melaksanakan tugas-tugas yang diberikan atasannya. “Jadi mereka kita bekali ilmu secara umum maupun secara khusus. Seperti pengetahuan tentang birokrasi, kemudian tentang hak dan tanggung jawabnya, dan lainnya. Tujuan agar mereka dapat bekerja disiplin dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” pungkasnya.(humpro-bjm)















R.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram