Cegah Covid-19, TP-PKK Gandeng Diskum TK Produksi Puluhan Ribu Masker

Banjarmasin - Dalam rangka upaya pencegahan, penanganan dan penanggulangan penyebaran virus Corona atau yang sering disebut dengan istilah Covid-19, TP-PKK Kota Banjarmasin menggandeng Dinas Koperasi Usaha Menengah dan Tenaga Kerja (DiskumTK) untuk membuat puluhan ribu masker yang akan dibagikan kepada warga kota Banjarmasin.
Ketua TP-PKK Kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah saat mengunjungi pembuatan masker di Rumah Sasirangan Kreatif, mengungkapkan kegiatan pembuatan masker dan pembagian masker tersebut sebagai bentuk partisipasi untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di kota Seribu Sungai itu.
"Gerakan memakai masker ini sebagai bentuk antisipasi kita bahwa warga kota Banjarmasin ada yang tidak bisa terus-terusan dirumah karena pekerjaan dan sebagainya," ungkapnya pada Rabu (1/4/2020).
Ia mengajak kepada seluruh warga kota Banjarmasin untuk sama-sama memberitahu keluarga, kerabat orang terdekat, tetangga sekitar hingga warga Banjarmasin pada umumnya untuk senantiasa menggunakan masker sebagai upaya pencegahan paparan virus tersebut.
"Ayo keluar rumah pakai masker, ini sudah di informasikan berbagai pihak yang kompeten bahwa memakai masker ini efektif untuk mengurangi penyebarluasan," ucapnya.
Apalagi ujarnya, saat ini kita tidak tahu diantara kita siapa saja yang sudah berinteraksi, siapa yang sudah kontak dalam waktu 14 hari mungkin tidak ada gejala, apalagi anak muda yang memiliki daya tahan tubuh kuat, jangan sampai diri kita menjadi agen penular disaat kita berbicara terlebih ketika bersin maupun batuk.
"Mudah-mudahan ini akan mengurangi lajunya penyebaran Covid-19 ini, ayo bahu-membahu, mungkin tidak bisa membantu ratusan masker, 5 sampai 10 lembar saja sudah bisa membantu," bebernya.
Ia menargetkan dalam sepekan kedepan mampu membuat 10.000 lembar masker dengan melibatkan banyak kelompok UKM untuk bahu membahu mengerjakannya, kemudian masker tersebut akan dibagikan kepada warga Kota Banjarmasin secara cuma-cuma dengan skala prioritas warga kurang mampu.
Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina menghimbau kepada seluruh warga untuk menggunakan masker dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Bumi Kayuh Baimbai itu.
"Hari ini semakin banyak yang positif, dan ini harus menjadi warning bagi kita semua untuk mengikuti seluruh himbauan dengan mencuci tangan setiap saat, kemudian beraktifitas dengan menggunakan masker untuk dalam rangka mencegah penyebaran, saya lindungi diri saya, bapak dan ibu lindungi diri bapa ibu, kemudian kita semua mudah-mudahan bisa melalui ini dengan sebaik-baiknya," tuturnya.
Ia juga berpesan kepada MUI Kota Banjarmasin agar hal tersebut dapat disampaikan di Masjid dan Musholla se-Kota Banjarmasin untuk menjaga kewaspadaan diri termasuk mencegah penyebaran dengan pola perilaku hidup bersih dan sehat.
"Menjaga jarak diantara kita, untuk saat ini tidak bersalaman, menjauhkan diri dari berkumpul dari konsentrasi massa yang banyak yang berpotensi menyebarkan virus dari orang ke orang," pungkasnya.
Pada kesempatan itu pula turut berhadir Ketua MUI Kota Banjarmasin H Murjani Sani, Ast II Setdako Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ir Doyo Pudjadi dan Kabag Kesra, Isa Anshari serta jajaran anggota TP-PKK bersama pelaku WUB Kota Banjarmasin. (Diskominfotik-MZ)






R.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram