Walikota Banjarmasin Berikan Penjelasan Tentang Capaian Keberhasilan Pembangunan Yang Telah Diraih Pemko Banjarmasin

Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina dan Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah melaksanakan kegiatan jumpa pers, pada hari Rabu (27/12) di Rumah Makan Soto Bang Amat,  Kelurahan Banua Anyar, Kecamatan Banjarmasin Timur.
Kegiatan tersebut dihadiri Sekda Kota Banjarmasin H Hamli Kursani beserta seluruh Kepala SKPD lingkup Pemko Banjarmasin, dan jajaran Forkopimda Kota Banjarmasin.
Kegiatan ini dalam rangka memberikan penjelasan kepada seluruh media massa, tentang capaian keberhasilan pembangunan yang telah diraih Pemko Banjarmasin.
Penghargaan itu mulai tingkat Provinsi, Nasional hingga tingkat Internasional.
Hal itu membuktikan duet kepemimpinanWalikota Banjarmasin H Ibnu Sina dan Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah, telah banyak membawa perubahan yang mengarah pada kemajuan melalui capaian kinerja, yang diiringi dengan inovasi seluruh jajaran SKPD lingkup Pemerintah Kota Banjarmasin.
Tahun 2016 dan 2017, sekira 152 hektar kawasan kumuh telah tertangani melalui berbagai program. Salah satunya program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh). Kemudian melakukan bedah rumah warga serta penataan bantaran sungai.
Dan di Bulan Desember 2017 ini telah meresmikan Kampung Hijau di Kelurahan Sungai Bilu. Dimana sekira 100 buah rumah yang menjorok ke sungai  mendapat bantuanRp5 juta per rumah, beserta titian beton. “Saat ini masih tersisa sekitar 300 hektar kawasan area yg akan kita benahi. Tahun 2018 akan dumulai lagi penataan sungai sedang dan kecil. Mohon doanya lah...dan silakan berikan masukan kepada Pemko Banjarmasin,” kata H Ibnu Sina.
Selain itu, H Ibnu Sina juga menjelaskan tentang inovasi yang telah dilakukan Pemko Banjarmasin seperti, gerakan Jumat Bersih dan Akhir Pekan Bersama Warga, Komunitas, Satgas Kebersihan Kelurahan, bersama-sama bergerak untuk bersih-bersih lingkungan dan sungai.
Penjelasan lain yang disampaikannya saat itu adalah tentang  rencana penanganan kawasan Kelayan Barat di tahun 2018 nanti dengan menggunakan dana dari Provinsi Kalsel, yang kemudian dilanjutkan pembangunan sanitasi kawasan kumuh menggunakan bantuan Bank Dunia dan ADB, Ausaid, tujuannya agar Jamban warga terhubung dengan pipa PD PAL Banjarmasin.
Kemudian dalam 1 tahun 2017 tepatnya sampai November 2017, tercatat lebih 500 ribu wisatawan lokal dan  hampir 1000 wisatawan manca negara datang ke Banjarmasin untuk berwisata susur sungai, wisata alam, bekantan dan tanam mangrove, dan wisata lainnya
Untuk Wira Usaha Baru dengan berbagai jenis usaha, di akhir 2016 telah terbina 625 orang dengan WUB mandiri mencapai 175 orang. Dan untuk tahun 2017 ini, laporan sementara yang diterima untuk jumlah WUB berjumlah 750 orang.
Tahun 2018 nanti, tepatnya bulan Februari 2018, Pemko Banjarmasin akan melaunching Smart City dengan Banjarmasin Command Centernya.

R.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram