Anggaran Tersisa 10%, Bidang Sungai DPUPR Maksimalkan Pelayanan

Banjarmasin - Anggaran pembangunan fisik yang dimiliki oleh Bidang Sungai, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin hanya tersisa sepuluh persen setelah dilakukan pemangkasan untuk dialihkan ke penanganan wabah COVID-19 atau virus Corona di Kota Banjarmasin.
Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Sungai, Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Hizbul Wathony, katanya untuk bidang yang ditanganinya tersebut telah terjadi tiga kali pengalihan anggaran terutama pada kegiatan fisik.
"Pengalihan pertama itu adalah anggaran pembangunan lanjutan siring muara kelayan sebesar Rp 10,7 miliar," ungkapnya pada Kamis (18/06/2020) pagi.
Lanjutnya, akibat pemangkasan anggaran tersebut pihaknya terpaksa membatalkan kontrak dengan konsultan pembangunan yang sudah dilelangkan beberapa waktu yang lalu. "Mau tidak mau harus membatalkan kontrak dengan konsultannya karena anggaran untuk pembangunan fisiknya sudah dipakai untuk penanganan Covid-19," terangnya.
Kemudian pemangkasan anggaran yang kedua terjadi sebanyak 2/3 (dua per tiga) dari seluruh anggaran yang tersisa di Bidang Sungai. "Pemangkasan itu juga dialihkan ke penanganan Covid-19," imbuhnya.
Adapun terakhir, pihaknya diminta oleh Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina agar berpartisipasi dalam solidaritas Pemko dalam penanganan COVID-19, "Sehingga anggaran yang dimiliki bidang Sungai Dinas PUPR Kota Banjarmasin tersisa 10% dari total anggaran awal sebesar Rp 33 miliar," paparnya.
Thony, begitu sapaan akrabnya mengaku, pemangkasan anggaran yang paling besar terjadi pada kegiatan pembangunan siring Muara Kelayan. "Selebihnya adalah dana kegiatan fisik yang ada di Bidang Sungai juga ikut di pangkas dan dialihkan untuk penanganan COVID-19," urainya.
Kendati demikian, meski banyak program yang tidak terselesaikan dalam beberapa waktu ini, beliau menyebut akan tetap bekerja semaksimal mungkin dalam hal pelayanan kepada masyarakat yang dimiliki oleh Bidang Sungai. "Kita akan tetap melayani masyarakat melalui pasukan turbo yang masih dipertahankan perannya oleh Dinas PUPR Kota Banjarmasin, dana yang sudah dialihkan untuk penanganan virus Corona ini tidak sia-sia dan bisa memberikan hasil yang masimal bagi masyarakat," pungkasnya. (Diskominfotik-mz)

R.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram