BST Tahap Pertama Disalurkan

BANJARMASIN - Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementrian Sosial RI kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kota Banjarmasin senilai Rp600 ribu tahap pertama sudah mulai di bagikan pada hari Senin (11/5) di Kantor Pos Lambung Mangkurat kepada 7000 penerima.
Kepala Dinas Sosial Kota Banjarmasin, Iwan Ristianto mengatakan, total penerima BST sebanyak 15.789 KPM. Mereka adalah yang sudah masuk dalam Basis Data Terpadu (BDT) Kemensos RI, diperbaharui per Januari 2020. BST tersebut akan dibagikan selama tiga bulan, yakni periode April, Mei, dan Juni. Sehingga nanti total jumlah yang diterima sejumlah Rp1,8 juta.
"Mereka yang mendapatkan BST tidak termasuk dalam Program Keluarga Harapan (PKH) maupun masuk dalam program bantuan manapun. Mereka hanya mendapatkan jaminan kesehatan yang iuran BPJS nya dibayarkan oleh APBN," ucap Iwan saat berada di Kantor Pos Lambung Mangkurat pada penyerahan BST secara simbolis oleh Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina.
Lanjutnya Iwan menjelaskan, BST yang dibagikan tahap pertama ini adalah untuk bulan April. Karena baru bisa dicairkan di bulan Mei oleh sebab itu rencananya pada Bulan Mei akan dibagikan lagi untuk tahap keduanya. "Sehingga nanti untuk tahap ketiga yakni untuk periode bulan Juni, akan selesai tepat waktu," harapnya.
Adapun syarat untuk pengambilan dana BST tersebu, yakni harus membawa KTP dan KK asli. Iwan menerangkan, alasan mengapa harus melampirkan KK juga, hal itu dikatakannya untuk mempermudah jika ada penerima bantuan yang sedang sakit atau tidak bisa berjalan ke lokasi pencairan.
"Pengambilan bisa diwakilkan oleh ahli waris seperti anaknya, istrinya atau lainnya yang masuk dalam KK tersebut dengan melampirkan KTP asli juga oleh yang mewakilkan yang bisa datang ke tempat pencairan," ungkapnya.
Sementara itu, Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina mengharapkan, bantuan yang diberikan dari Kemensos tersebut benar-benar dapat dipergunakan sebaik mungkin ditengah pandemi Covid-19 yang sedang terjadi. Karena menurutnya sangat terlihat jelas ditengah pandemi Covid-19 ini berdampak besar dalam perekonomian kota Banjarmasin.
"Bantuan ini sudah ditunggu-tunggu oleh warga kita karena situasi Covid-19, sehingga uang tunai yang mereka terima ini mudah-mudahan bisa memenuhi kebutuhan harian ataupun juga kebutuhan hidup mereka seperti kebutuhan pokok sehari-hari dan tentu bermanfaat untuk keluarga," tutupnya.
Penyerahan BST tahap pertama tersebut juga dihadiri oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarmasin, Harry Wijaya dan anggota DPRD lainnya. (Diskominfotik-bjm)







R.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram