Walikota Terima Penghargaan Wahana Tata Nugraha 2019


BANJARMASIN – Kementerian Perhubungan RI memberikan penghargaan Wahana Tata Nugraha Tahun 2019 kepada 92 pemerintah daerah. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (15/9).
Pemberian penghargaan tersebut, selain untuk mengapresiasi pemerintah daerah atas upaya menata transportasi dan fasilitas publik dengan baik, juga dalam rangka peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2019. Salah satu kota yang menerima penghargaan tersebut adalah Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina. Dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu di Bumi Kayuh Baimbai ini mengucapkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah mendukung upaya Pemko Banjarmasin dalam menata transportasi dan fasilitas publik. Selain Kota Banjarmasin, beberapa pemerintah daerah dan Polres kabupaten kota di Kalsel juga menerima penghargaan tersebut. Untuk diketahui, penilaian Penghargaan Wahana Tata Nugraha dilaksanakan selama 5 (lima) hari dari tanggal 22 hingga 26 April 2019, di 152 kabupaten, kota. Anggota tim penilai penghargaan WTN 2019 merupakan perwakilan dari Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, Kementerian Dalam Negeri, Akademisi dan Pakar Transportasi. Dari hasil penilaian ditetapkan 92 provinsi, kota serta kabupaten yang berhak mendapatkan Piala Penghargaan Wahana Tata Nugraha, yang terbagi menjadi 3 (tiga) kategori yaitu, Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) Wiratama diserahkan kepada pemerintah provinsi yang menerima penghargaan WTN Tahun 2019 terbanyak untuk kabupaten, kota di dalam 1 provinsi. Pada tahun ini terdapat 15 (lima belas) provinsi terbaik yang mendapatkan penghargaan Wahana Tata Nugraha Wiratama diantaranya adalah, Provinsi Bali, Provinsi D.I. Yogyakarta, dan Provinsi Jawa Timur.
Kemudian Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) Tanpa Catatan diserahkan kepada 39 kabupaten dan kota diantaranya, Kota Binjai, Kota Medan, dan Kota Palembang. Dan Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) Dengan Catatan kepada 38 kabupaten kota diantaranya, Kabupaten Probolinggo (perbaikan pada bidang angkutan dan umum), Kabupaten Pacitan (perbaikan pada bidang sarana), dan Kabupaten Tanah Laut (perbaikan pada bidang lalu lintas, angkutan dan prasarana). Selain penganugerahan penghargaan Wahana Tata Nugraha, Kementerian Perhubungan juga memberikan Penganugerahan Bidang Transportasi Darat Tahun 2019 dengan kategori pemilihan Abdiyasa Teladan Tahun 2019 kepada 4 orang pengemudi, awak kendaraan angkutan umum, Penghargaan Angkutan Orang terbaik Tahun 2019 kepada 9 perusahaan, Penghargaan Angkutan Barang terbaik Tahun 2019 kepada 9 perusahaan, serta Penghargaan Angkutan Penyeberangan kepada 3 perusahaan. Menteri Perhubungan Budi mengatakan, penyerahan penghargaan merupakan bentuk upaya pembinaan dari Kementerian Perhubungan kepada pemerintah daerah agar memenuhi kriteria bagi penyelenggaraan pelayan transportasi dan fasilitas publik. Penghargaan WTN 2019 ini, harapnya, ke depannya dapat menunjukkan peningkatan kinerja di setiap provinsi, kabupaten dan kota."Sejauh ini apa yang kita lakukan relatif cukup baik dan oleh karenanya, dengan upaya memberikan evaluasi setelah dua tahun ini, akan menunjukkan peningkatan kinerja di setiap provinsi, kabupaten dan kota. Peningkatan ini penting, karena ekspektasi Pak Presiden bahwa kinerja kota-kota ini harus didukung dan didorong dengan suatu mekanisme dan evaluasi," jelasnya.(humpro-bjm)





















R.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram