TNI dan PKK Komitmen Dukung Program Pembangunan


BANJARMASIN - Kodim 1007 Banjarmasin bersama TP PKK Kota Banjarmasin berkomitmen mendukung program pembangunan yang dilaksanakan Pemko Banjarmasin. Hal ini dibuktikan dengan dilaksanakannya kegiatan Bhakti TNI KKBPK Kesehatan dan HKG PKK KKBPK Kesehatan tingkat Kota Banjarmasin, di Halaman Balai Kota Banjarmasin, Selasa (17/09).
Menurut Kadis PPKBPM Kota Banjarmasin, H Mahdian, tujuan dilaksanakannya Bhakti TNI ini antara lain untuk meningkatkan komitmen dan semangat kebersamaan antara TNI dan Pemko Banjarmasin, dalam mendukung pelaksanaan pembangunan, khususnya terkait bidang kependudukan dan keluarga berencana, untuk mewujudkan keluarga kecil, bahagia, sejahtera dan berkualitas. Selain itu, bebernya, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta semua stake holder, tokoh agama, tokoh masyarakat dan LSM dalam mendukung pelaksanaan program kependudukan dan keluarga berencana, agar dapat menjangkau pelayanan KB di seluruh wilayah dan lapisan masyarakat, serta meningkatkan kepesertaan masyarakat dalam ber KB khususnya, untuk metode kontrasepsi jangka panjang. “Sedangkan untuk tujuan dilaksanakannya kegiatan Kesatuan Gerak PKK KKBPK Kesehatan adalah untuk meningkatkan cakupan pelayanan yang merata, upaya kesehatan lingkungan dan permukiman yang bersih, sehat dan berkualitas,” jelasnya.
Kegiatan yang dibuka Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, dan dihadiri Wakil Walikota Banjarmasin H Hermansyah, Ketua TP PKK Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah dan Forokpoimda Kota Banjarmasin serta para keder PKK dan Posyandu se Kalsel itu, dirangkai dengan pelayanan KB gratis, gelar dagang dan penyerahan hadiah dan penghargaan kepada penyuluh, kader, dan kecamatan berprestasi dibidang kesehatan dan keluarga berencana. Hadiah berupa smartphone, dan PPKBD kit, serta tropy dan piagam penghargaan itu, diserahkan H Ibnu Sina, Hj Siti Wasilah, dan Forkopimda yang hadir dalam kegiatan tersebut. Untuk kecamatan dan kelurahan yang mendapatkan penghargaan antara lain, dalam lomba Pakarti Utama II tingkat Nasional Pelaksana Terbaik PAAR kategori kota tahun 2019 adalah Kelurahan Sungai Lulut, Kecamatan Banjarmasin Timur. Lomba Iva Test tingkat Provinsi Kalsel tahun 2019 adalah Kecamatan Banjarmasin Selatan. Sedangkan untuk Lomba Pakarti Utama III pelaksana terbaik Lomba Kesatuan Ggerak PKK KKBPK Kesehatan tingkat nasional 2019, pemenang 1 lomba P2WKSS tingkat Kota Banjarmasin, Kelurahan Telawang. Pemenang 1 Lomba GSI tingkat Kota Banjarmasin,Kecamatan Banjarmasin Barat. Penghargaan dan uang pembinaan untuk kelurahan P2WKSS diberikan kepada Kelurahan Kelayan Luar, Banua Anyar, dan Belitung Utara. Sedangkan penghargaan dan uang pembinaan kecamatan GSI KSI diberikan kepada Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kecamatan Banjarmasin Timur dan Kecamatan Banjarmasin Barat. Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina dalam sambutannya mengatakan, upaya pencapaian dan penguatan program KKBPK yang telah dilakukan diharapkan betul-betul memiliki daya ungkit terhadap pencapaian sasaran dan target, serta prioritas secara komprehensif, berkelanjutan di seluruh wilayah Kota Banjarmasin dan Kalimantan Selatan. “Melihat perkembangan lingkungan strategis dan berbagai permasalahan program yang harus kita hadapi bersama-sama tidak bisa sendiri-sendiri tetapi kita harus senantiasa berkolaborasi dan bekerjasama,” ujarnya.
Mudah-mudahan, harapnya lagi, dengan kehadiran Rumah Sakit Sultan Suriansyah bisa melengkapi sarana dan prasarana dan peningkatan kesehatan warga Kota Banjarmasin.(humpro-bjm)




























R.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram