Gowes dan Kampoeng Banjar Meriahkan Harijadi 493


BANJARMASIN – Seribu lebih goweser dari berbagai club mengikuti Banjarmasin Night Ride 2019. Kegiatan yang mengambil start di Halaman Best Western (BW) Kindai Hotel Banjarmasin itu, diikuti juga oleh Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina beserta jajaran Pemko Banjarmasin. Acara Sabtu (28/09) malam sekira pukul 19.30 itu, merupakan salah satu bentuk partisipasi warga Kota Banjarmasin dalam memperingati Harijadi Kota Banjarmasin ke 493. Jarak yang ditempuh dalam kegiatan tersebut sekira 12 kilometer, dengan melintasi sekira 20 ruas jalan utama yang ada di kota berjuluk seribu sungai.
Sebelum kegiatan gowes dilaksanakan, pihak Best Western Kindai Hotel Banjarmasin bekerjasama dengan Perkumpulan Chef Profesional Indonesia (PCPI), dan beberapa perusahaan yang ada di kota ini juga menggelar Festival Kampoeng Banjar. Kegiatan di lapangan terbuka di kawasan Komplek Dhama Praja, Kecamatan Banjarmasin Timur itu, selain menggelar stand kuliner dan otomotif, saat itu juga dilaksanakan demo memasak oleh gabungan para Chef tersebut. Menariknya, kuliner yang dipilih dalam kegiatan yang dibuka langsung oleh H Ibnu Sina itu adalah kuliner khas Banjar yakni Wadai Lempeng. Bedanya, bila kue lempeng yang biasa disajikan sore hari itu berbentuk kecil, maka saat itu Lempeng dimasak oleh para Chef Profesional itu ukurannya sangat besar atau dalam bahasanya Banjarnya disebut Ganal. Makanya, untuk lebih memudahkan penyebutannya, mereka menyebut dengan LeGa atau Lempeng Ganal. H Ibnu Sina saat pembukaan kegiatan menyatakan, peringatan Harijadi Kota Banjarmasin ke 493 tahun 2019 ini sangat berbeda dengan perigatan yang sama di tahun sebelumnya. Ia berharap, dengan adanya kegiatan tersebut akan menambah keakraban terutama dari pihak perhotelan yang ada di kota ini. “Saya merasa berbahagia sekali dan merasa punya teman, terutama teman dari perhotelan. Rangkaian Harijadi Kota Banjarmasin ini, semua berlomba-lomba memeriahkannya. Jadi saya merasa tahun ini menjadi berbeda ke 493,” ucapnya.
Mudah-mudahan, lanjutnya, dengan adanya berbagai kegiatan memeriahkan peringatan Harijadi Kota Banjarmasin ini, akan membawa dampak pada geliat ekonomi dan pariwisata di kota berjuluk seribu sunagi ini. “Insyaallah sampai akhir tahun banyak lagi event-event nasional yang akan dilaksanakan Banjarmasin, dan mudah-mudahan ini menjadi sebuah geliat ekonomi kota seribu sungai sekaligus geliat pariwisata di Kota Banjarmasin yang kita cintai,” pungkasnya.
Sementara itu, dalam kegiatan yang dihadiri Ketua TP PKK Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah, General Manager Best Western, Muhammad Nur Assiddiq, kegiatan gelar kampoeng Banjar dan Banjarmasin Night Ride 2019 merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan pihaknya untuk menyambut HUT Kota Banjarmasin ke 493. “Kegiatan ini hanya sebuah partisipasi kecil yang dapat kami lakukan untuk memeriahkan peringatan Harijadi Kota Banjarmasin ke 493,”katanya.(humpro-bjm)





























R.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram