Event Rangkaian Harijadi 493 Diluncurkan


BANJARMASIN – Kick off rangkaian kegiatan (event) harijadi Kota Banjarmasin ke 493, resmi diluncurkan Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina. Peluncuran event yang bertepatan dengan pergantian Tahun Baru Islam dari 1440 H ke 1441 H itu, dilaksanakan di Rumah Sasirangan Kreatif, di Jalan Achmad Yani, Km 3, Banjarmasin. Salah satu rangkaian yang menyemarakan kegiatan pada Sabtu (31/08) malam itu adalah, Festival Budaya Islam, dengan menampilkan kesenian Qasidah yang dibawakan grub Lasqi, binaan Ketua TP PKK Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah, dan peragaan busana muslim motif kain sasirangan. Menurut H Ibnu Sina, pergantian Tahun Baru Islam merupakan momentum bagi kaum muslimin untuk mensyiarkan agama Islam. Apalagi, katanya, warga Kota Banjarmasin mayoritas penduduknya beragama Islam. Sehingga sudah selayaknya menerapkan nilai-nilai Islami dalam kehidupan sehari – hari. “Bertepatan dengan pergantian Tahun Baru Islam dari 1440 h ke 1441 H inilah, saat yang tepat untuk memulai segala sesuatunya, sehingga dapat lebih baik dari tahun - tahun sebelumnya,” ujarnya. 
Kegiatan yang dihadiri para kepala SKPD lingkup Pemko Banjarmasin dan Forkopimda Kota Banjarmasin itu,dilaksanakan dengan tujuan untuk lebih memberikan makna pada peringatan menyambut Tahun Baru Islam 1441 hijriah, serta mempersatukan semua komponen umat Islam. Dalam kesempatan itu, iapun mengajak seluruh komponen masyarakat kota berjuluk seribu sungai, agar di harijadi Kota Banjarmasin ke 493 tahun 2019 ini bersama-sama bertekad membangun serta menata Kota Banjarmasin agar lebih baik lagi ditahun-tahun mendatang. “Mari kita bersatu membangun kota tercinta ini berdasarkan iman dan taqwa, dalam rangka mewujudkan visi Kota Banjarmasin Baiman (barasih wan nyaman),” katanya. 
Di tahun 2019 ini, terangnya lagi, target Pemko Banjarmasin adalah menjadikan Kota Banjarmasin Baiman dengan wirausaha baru. Dan dipastikannya, target tersebut akan mengisi seluruh rangkaian kegiatan harijadi tahun ini. “Tema ini disesuaikan dengan tiga visi-misi Banjarmasin. Di antaranya sungai untuk transportasi dan pengembangan pariwisata. Selanjutnya, wirausaha baru berbasis UMKM untuk mengembalikan Banjarmasin sebagai Kota perdagangan dan jasa. Terakhir, mengenai pelayanan publik berbasis pada smart city,” ucapnya
Ia pun kembali mengingatkan, diharijadi ke 491 lalu, Banjarmasin mengangkat soal Kota Sungai, kemudian pada harijadi 492 mengakat tema menjadi kota smart city, karena itu dimomentum harijadi ke 493 tahun kali ini, tema yang diusung adalah wirausaha baru. “Sebelumnya, ada 2.017 orang yang sudah mengikuti program wirausaha baru di Pemerintah Kota Banjarmasin. Kemudian diseleksi, akhirnya dikerucutkan menjadi 100 wirausaha baru unggulan,” pungkasnya.
Kegiatan Kick Off Rangkaian Harijadi Kota Banjarmasin ditandai dengan penyalaan api obor berbentuk angka 493 oleh Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina dengan disaksikan seluruh undangan yang hadir.(humpro-bjm)


















R.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram