Banjarmasin Menuju Swasti Saba Wistara


BANJARMASIN – Setelah berhasil meraih swasti saba tingkat Padapa pada dan Wiwerda, tahun ini Pemerintah Kota Banjarmasin bertekad meraih tingkat tertinggi dari swasti saba yaitu Wistara. Langkah untuk mewujudkan keinginan tersebut sudah mencapai tahap penilaian. Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina membuka kegiatan verifikasi lapangan yang dihadiri tim penilai kota sehat dari Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan RI, di Rumah Anno 1925, Kota Banjarmasin. Tempat yang menjadi titik verifikasi untuk kemudian dinilai dari tim penilai, diantaranya adalah kawasan wisata, lingkungan sehat yaitu di Komplek H Idris yang mana disana juga terdapat tanaman obat keluarga, kemudian kawasan tertib lalu lintan dan pelayanan transportasi, dan beberapa titik lainnya yang sudah ditentukan. Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina mengatakan bahwa usaha untuk mewujudkan Kota Banjarmasin sebagai kota sehat tidak hanya sebatas mengejar penghargaan tetapi untuk membiasakan masyarakat selalu menerapkan hidup sehat. “Penghargaan ini tidak berhenti sebatas penghargaan tetapi ini akan berkelanjutan artinya suasana dan situasi sehat seperti ini itu betul-betul bukan hanya sekedar mengejar penghargaan tetapi bisa menjadi sebuah kebiasaan dari warga Kota Banjarmasin yang ikut dalam menjaga suasana kota sehat seperti ini,” ujarnya, Rabu (11/09).
Kemudian ia berharap, dengan adanya program rumah bebas asap rokok dan kampong sehat, bisa menambah penilaian untuk mendapatkan kategori Wistara. “Kami berharap dengan adanya program-program di masyarakat seperti rumah bebas asap rokok, kemudian ada kampung sehat kemudian ada kawasan tertata dan sebagainya termasuk pariwisata sehat yang merupakan salah satu komponennya itu kami berharap Banjarmasin memang layak untuk mendapatkan swasti saba kategori yang tertinggi yaitu Wistara,” harapnya.
Selain itu, ia juga berharap dukungan dari seluruh masyarakat dan instansi yang ada di Kota Banjarmasin untuk menjadikan Kota Banjarmasin sebagai kota sehat. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Forum Kota Sehat Kota Banjarmasin Fathurahman, SKPD terkait di lingkup Pemko Banjarmasin.(humpro-bjm)















R.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram