Walikota Lantik Duta Kebersihan Pertama di 2019


BANJARMASIN – Awal masuk sekolah dipertengahan Bulan Januari 2019 ini, ternyata menjadi hari bersejarah bagi seluruh siswa dan siswi SMPN 27 Banjarmasin. 
Sebab, Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, melantik seluruh siswa tersebut menjadi Duta Kebersihan Kota Banjarmasin.
Pelantikannya dilakukan bersamaan dengan upacara pagi yang setiap hari Senin mereka laksanakan.
Dihadapan para dewan guru sekolah tersebut, pemimpin kota berjuluk seribu sungai ini menyatakan, seluruh siswa dan siswi sekolah yang terletak di kawasan Banjarmasin Utara itu merupakan generasi terbaik kota ini. “Saya bangga dengan kalian, karena kalian adalah generasi terbaik kota Banjarmasin. Saya meliat wajah wajah optimis semua, wajah- wajah penuh gairah, semangat untuk belajar, tidak ada yang murung, tidak ada yang sedih, wajahnya semua tersenyum, semua semangat Banjarmasin bisa, Banjarmasin Baiman,” ucapnya, saat menjadi pembina upacara bendera hari Senin di SMPN 27 Banjarmasin, Senin (21/01).
Dijelaskannya, Kota Banjarmasin berjuluk sebagai kota seribu sungai. Julukan tersebut, katanya, merupakan istilah untuk menggambarkan betapa banyaknya sungai yang ada di kota ini.
Awalnya, lanjutnya lagi, jumlah sungai di kota ini hanya berjumlah 102 buah saja, namun setelah dilaksanakan program menghidupkan sungai yang mati, maka terhitung sejak Januari 2019 ini, jumlah sungai yang ada bertambah menjadi 170 buah. “Sebelum saya menjabat sebagai Walikota Banjarmasin, ada 102 buah sungai, tapi setelah hampir tiga tahun saya jadi Walikota Banjarmasin, kita koreksi jumlah sungainya, kemudian ada sungai-sungai mati yang kita hidupkan, hingga jumlahnya sampai hari ini sekira 170 sungai,” katanya. 
Efek postif dari julukan seribu sungai yang disandang kota ini, terangnya, ternyata membawa berkah tersendiri bagi masyarakatnya. 
Sejak beberapa tahun lalu, kota ini semakin banyaknya dikunjungi para wisatawan domestik dan manca negara. “Hari ini di Kota Banjarmasin banyak sekali didatangi para pengunjung wisatawan dan orang-orang dari luar kota, dan dari mancanegara. Karena kota ini sangat unik dikenal juga sebagai kota seribu sungai,” ujarnya. 
Ia berharap, seluruh siswa dan dewa guru di sekolah tersebut mendukung seluruh program pembangunan Pemko Banjarmasin, salah satunya memiliki kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarang, terutama sampah plastik sembarangan.
Dan ia pun menghimbau agar para siswa dan siswi SMP tersebut agar bisa mengurangi sampah dengan membawa sendiri botol minum.(humpro-bjm)











R.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram