Walikota Banjarmasin Resmikan Kantor BPS Terbesar se Kalsel






Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Banjarmasin kini resmi memiliki bangunan kantor sendiri.
Kantor yang terletak di Jalan Gatot Subroto Banjarmasin itu, diklaim sebagai Kantor BPS terbesar  se Kalsel.
Hal ini mengingat, gedung bekas kantor BPKP itu memiliki total luas lahan 1.200 meter persegi dengan dan gedung berlantai dua. “Pengalihan status penggunaan kantor ini dari BPKP kepada BPS berdasarkan berita acara serah terima barang milik negara antara Kepala BPS RI dan Kepala BPKP Nomor DAST20/K/SP/2015 dan Nomor 02/DAST/183/2015 tanggal 18 Maret 2015,” ujar Kepala kantor BPS Kota Banjarmasin, Diah Utami, saat menyampaikan sambutannya dalam kegiatan peresmian Gedung Kantor BPS Kota Banjarmasin, Senin (18/12).
Dari tanah tersebut, lanjutnya,  terdapat dua bangunan gedung kantor. Gedung satu seluas 1200 meter persegi yang telah direhabilitasi dan dilakukan penambahan nilai, dan gedung kedua seluas 200 meter persegi masing - masing terdiri dari dua lantai.
Selain kegiatan rehabilitasi dan penambahan nilai bangunan kantor, bebernya lagi,  juga dilakukan pemagaran dan penataan halaman yang dilaksanakan pada tahun 2017. “Gedung kantor ini mempunyai fasilitas pendukung seperti pelayanan statistik terpadu, ruang kerja yang dapat menampung lebih dari 24 pegawai, ruang mitra statistik, dua ruang aula, dan basement untuk parkir kendaraan. Pengerjaan proyek pembangunan rehabilitasi dan penambahan nilai gedung ini dimulai sejak tahun 2015,” tandasnya.
Sementara itu, Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina yang meresmikan langsung gedung tersebut, dalam sambutannya mengatakan, gedung baru BPS Kota Banjarmasin ini merupakan sebuah gedung yang luas dibanding gedung BPS di kota atau kabupaten lain. “Gedung ini merupakan sebuah kemewahan karena biasanya bangunan untuk tingkat kabupaten atau kota biasanya maksimal hanyasekira 300 meter persegi, dan semua ini merupakan sebuah apresiasi dan penghargaan serta bentuk kerjasama, juga dukungan kepada BPS, semoga hubungan antara BPS Kota Banjarmasin dengan seluruh SKPD akan lebih baik lagi,” ucapnya.
Mudah–mudahan, lanjut orang nomor satu di kota seribu sungai ini, sinergitas yang dibangun selama ini bisa terus ditingkatkan, dan kehadiran gedung BPS ini betul–betul dimanfaatkan. Dengan adanya gedung ini, semakin menambah kelengkapan perkantoran di Kota Banjarmasin dan keberadaan BPS menjadi sangat penting untuk memacu pembangunan di Kota Banjarmasin dari berbagai aspek yang sudah dilakukan, baik dari kerjasama saat ini dan indikator lainnya,” pungkasnya. 

R.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram