Parade 1000 Wadai Ipau

Sabtu 16 Desember 2017, sekitaran daerah Menara Pandang dan Siring Tendean sangatlah ramai, dipenuhi oleh masyarakat yang ingin mengikuti Festival Kuliner Wadai (kue) Khas Banjar, banyak tenda masakan khas banjar dengan suguhan Soto Banjar maupun wadai Ipau. Ipau adalah salah satu wadai khas banjar, terbuat dari campuran tepung terigu yang kemudian didadar dan ditumpuk berlapis-lapis bersamaan dengan sayuran seperti wortel, kentang, telor serta seledri, terkadang bisa disajikan dengan dilumuri santan (perahan kelapa) kental. Pada hari itu 1000 Wadai Ipau disuguhkan untuk warga yang mengikuti Festival tersebut.

Makan bersama 1000 wadai Ipau dimulai setelah terdengar hitungan mundur dari Walikota Banjarmasin beserta Ibu, akhirnya 1000 Ipau dalam hitungan detik habis disantap oleh warga Kota Banjarmasin dan tamu undangan. Semu pengunjung juga diberikan kupon bertuliskan nomor tenda, kupon tersebut dapat ditukar dengan sepiring Soto Banjar yang bisa diambil di tenda yang sesuai dengan nomor yang tertulis dikupon.

Pemerintah Kota Banjarmasin mendapatkan penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia-Dunia (Leprid) dengan terselenggaranya acara ini pada beberapa kategori, yaitu :
1. Pemrakarsa Rekor Penyajian Ipau Terbanyak;
2. Penyelenggara Makan Ipau Terbanyak;
3. Makan Bersama Wadai Ipau Peserta Terbanyak;
4. Tim Penggerak PKK Penyelenggara Rekor Penyajian dan Makan Ipau Terbanyak;




R.S

1 komentar:

Instagram