Masjid Besar At-Taqwa Jalankan Protokol Kesehatan

BANJARMASIN - Ditetapkan sebagai masjid percontohan di Kecamatan Banjarmasin Timur, Pengurus Masjid Besar At-Taqwa melaksanakan protokol kesehatan Covid-19 pada saat pelaksanaan salat berjamaah lima waktu maupun salat Jumat.
Ketua Tamir Masjid Besar At Taqwa, H Basuki Rahmat mengatakan, sebelum memasuki masjid, seluruh jamaah yang datang satu persatu suhu badannya dicek menggunakan thermo gun dan diberikan hand sanitizer.
"Selain wajib menggunakan masker, suhu badan jamaah di cek. Jika melebihi 38 derajat, maka jamaah kami persilahkan kembali kerumahnya. Sekarang kami sudah memiliki empat buah thermo gun," ucapnya sehabis Salat Jumat, di Masjid Besar At-Taqwa, di Jalan A Yani kilometer 4,5. Jumat (12/6).
Lanjutnya H Basuki Rahmat menerangkan, pelaksanaan protokol kesehatan di Masjid Besar At-Taqwa tersebut sudah dilaksanakan sejak bulan Maret lalu, seperti sudah menyediakan air dan sabun anti bakteri di depan masjid.
Selain itu, pihak pengurus ditegaskannya juga selalu membersihkan masjid secara berkala dan menyemprot masjid dengan cairan disinfektan.
"InsyaAllah masjid At-Taqwa aman. Semoga cepat berlalu wabah Virus Corona ini, sehingga pelaksanaan salat berjamaah kembali normal," harapnya.
Menggunakan lakban hitam, lantai masjid pun diberi tanda silang yang artinya lantai tersebut tidak diperbolehkan ada yang menempati.Tujuannya agar memberikan jarak antar jamaah lainnya saat pelaksanaan salat berjamaah baik lima waktu maupun pelaksanaan Salat Jumat.
Pihak pengurus masjid juga membagikan masker secara gratis jika ditemui jamaah yang datang ke masjid tidak mengenakan masker, agar jamaah tersebut tetap bisa melaksanakan salat di Masjid At-Taqwa dengan memberikan rasa aman bagi dirinya dan orang lain, sehingga pelaksanaan salat berjamaah berjalan lancar.
Tutupnya dia mengakui, untuk tingkat kepatuhan jamaah di Masjid Besar At-taqwa sudah sangat bagus. "Mengingat sudah sejak bulan Maret kami melaksanakan protokol kesehatan di masa pandemi Virus Corona ini," tukasnya.
Camat Banjarmasin Timur, Ahmad Muzaiyin mengaku sangat senang melihat pelaksanaan protokol kesehatan sudah berjalan dengan lancar di Masjid Besar At-Taqwa di Banjarmasin Timur ini.
"Sesuai arahan pa Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, masjid besar yang ada di masing-masing kecamatan dijadikan masjid percontohan untuk menjalankan protokol kesehatan sesuai aturan dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (TGTP2) Covid-19 Banjarmasin," ungkapnya.
Apalagi, saat Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina juga melaksanakan Salat Jumat di Masjid Besar At-Taqwa. Menurut Ahmad Muzaiyin protokol kesehatan yang dilaksanakan di masjid besar di wilayahnya itu sudah berjalan dengan semestinya, sehingga bisa dipastikan keamanan untuk melaksanakan salat berjamaah di masjid tersebut sangt aman.
Ahmad Muzaiyin megatakan, suksesnya pelaksanaan protokol kesehatan di Masjid Besar At-Taqwa itu pun tak lepas dari peran serta pengurus masjid serta seluruh jamaah yang mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi ini.
"Sebelumnya kami sudah juga meninjau terlebih dahulu bersama TGTP2 Covid-19 tingkat kecamatan, untuk memantau bagaimana pelaksanaan kegiatan salat berjamaah di Masjid At-Taqwa. Alhamdulillah memang sudah sesuai protokol kesehatan yang sudah ditentukan oleh TGTP2 Covid-19 Banjarmasin. Ditambah pihak pengurus koperatif, dan terbukti pelaksanaan Salat Jumat berjalan lancar," pungkasnya. (Diskominfotik-bjm)






R.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram