Walikota Banjarmasin Resmikan Rumah Pintar Pemilu "WASAKA" KPU Banjarmasin

Walikota Banjarmasin Ibnu Sina meresmikan Rumah Pintar Pemilu (RPP) WASAKA Komisi Pemilihan Umum Kota Banjarmasin di Kantor Komisi Pemilihan Umum Kota Banjarmasin, Selasa 11 April 2017.

Rumah Pintar Pemilu merupakan program dari KPUD dan telah dilaksanakan sejak Tahun 2015. Tahun 2016 dilaksanakan di KPU Provinsi, Kota/Kabupaten di Indonesia. Tahun 2017 KPU Kota Banjarmasin ditunjuk sebagai Pilot Project di Kalimantan Selatan beserta Kota Banjabaru, Kabupaten Balangan dan Kabupaten Batola. Pada Tanggal 13 April 2017 untuk pertama kalinya akan dilakukan sosialisasi bagi pemilih pemula dan pelajar, kerjasama anatar KUP Kota Banjarmasin dengan Badan Kesbangpol Kota Banjarmasin. Wasaka selain sebagai semboyan perjuangan masyarakat Kalimantan Selatan waja sampai kaputing. Wasaka merupakan kepanjangan Wawasan Kapamiluan.

RPP kedepannya menjadi sumber informasi yang mendidik dan memberikan pengetahuan tentang sejarah dan perkembangan demokrasi di tingkat nasional dan lokal. Dan menjadi pusat pendidikan, tempat belajar dan mendorong lahirnya para pemilih pintar/Smart Voter. Serta mampu menjawab isu-isu kepemiluan yang tumbuh berkembang ditingkat nasional menjelang even pemilihan umum serentak Tahun 2019, dan pilkada serentak Tahun 2020.

Tujuan Rumah Pintar Pemilu adalah meningkatkan partisipasi pemilu baik secara kualitas dan maupun kuantitas, pusat informasi kepemiluan, mengedukasi masyarakat akan pentingnya pemilu dan demokrasi, memperkenalkan nilai-nilai dasar pemilu dan demokrasi, meningkatkan pemahaman pentingnya demokrasi dan menanamkan kesadaran nilai-nilai demokrasi.

Dalam sambutannya Walikota Banjarmasin Ibnu Sina menyampaikan ucapan terima kasih kepada KPU Kota Banjarmasin, para komisioner dan sekretariat KPU Kota Banjarmasin yang bisa mewujudkan Rumah Pintar Pemilu (RPP) “Wasaka”.

Semoga Rumah Pintar Pemilu ini bisa bermanfaat bagi pemilih-pemilih pemula. Juga sejarah tentang kepemiluan di Kota Banjarmasin bisa terdokumentasikan dengan baik. Dan RPP sebagai tempat untuk pembelajaran bagi calon penyelenggara dan para pemilih.

Dengan adanya RPP ini dapat melibatkan SOPD terkait Pemerintah Kota Banjarmasin untuk menambah koleksi dan alat peraga. RPP memberi kesempatan kepada pelajar di Kota Banjarmasin sebagai pemilih yang cerdas, dan sebagai media pembelajaran dalam berdemokrasi.

RPP sebagai pusat edukasi pendidikan pemilih, juga diharapkan menjadi pusat pembelajaran learning centre tentang kepemiluan dan demokrasi baik tingkat nasional, regional dan lokal.

“Semoga pihak perpustakaan, pihak kampus dan kalangan yang berkaitan dengan dunia politik dapat berkontribusi untuk melengkapi koleksi, sumbangsih pemikiran positif lainnya guna menyemarakkan rumah pintar pemilu ini”, ujar Ibnu Sina.

Peresmian Rumah Pintar Pemilu Wasaka ditandai dengan pembukaan selubung oleh Walikota Banjarmasin Ibnu Sina didampingi Komisioner KPU Provinsi Kalimantan Selatan Dr. Hj. Masyitah Umar, M.Hum, Ketua TP PKK Kota Banjarmasin dr. Siti Wasilah, M.Si, Med, Ketua KPU Kota Banjarmasin Drs. Bambang Budianto, M.Si, FKPD dan Anggota DPRD Kota Banjarmasin. Dan pemotongan pita oleh Ketua TP PKK Kota Banjarmasin dr. Siti Wasilah, M.Si, Med.

Pada kesempatan ini rombongan meninjau Rumah Pintar Pemilu Wasaka yang didalamnya terdapat informasi sejarah pemilu, simulasi TPS, sistem dan tahapan pemilu.

Hadir pada acara ini Ketua TP PKK Kota Banjarmasin dr. Siti Wasilah, M.Si, Med, Komisioner KPU Provinsi Kalimantan Selatan Dr. Hj. Masyitah Umar, M.Hum, Perwakilan Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan, Ketua KPU Kota Banjarmasin Drs. Bambang Budianto, M.Si dan Jajarannya, FKPD, Anggota DPRD Kota Banjarmasin, Perwakilan KPU Kota/Kabupaten Se Kalimantan Selatan, Kepala SOPD dan Camat Kota Banjarmasin. (Humpro-Bjm)

Displaying 20170411_085003.jpg

Displaying DSCN7284.JPG

Displaying DSCN7290.JPG

Displaying DSCN7291.JPG

Displaying DSCN7296.JPG

Displaying DSCN7305.JPG

Displaying DSCN7317.JPG

R.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram