Mantan Pecandu Narkoba di Banjarmasin Bakal Dilatih Potensi Wirausaha

Banjarmasin - Guna mencegah mantan pecandu narkoba untuk tidak terjebak ke lembah yang sama, Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin merangkul para korban keganasan candu narkoba tersebut untuk mengembangkan life skill atau potensi diri dalam bentuk berwirausaha.
Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina mengatakan, program tersebut sangat membantu masyarakat yang notabenenya selalu dikucilkan di lingkungan sekitarnya. "Kita sangat menyambut baik dengan adanya program ini, yaitu program yang membimbing life skill untuk membangun wirausaha baru di wilayah rentan penyebaran narkoba dari BNN Pusat,"ucapnya.
Orang nomor satu di Kita Seribu Sungai itu menjelaskan, bhwa program tersebut digelar tidak hanya satu kali saja. Namun akan dilakukan secara berlanjut. "Ini bisa memberi peluang bagi para mantan pecandu narkoba untuk bisa membuka peluang usaha di bidang ekonomi, misalnya pembudidayaan cabe merah dan lain-lain," jelas beliau.
Selain itu, program tersebut juga menggandeng beberapa perusahaan yang menjadi pendukung atau suport dalam menjalankan program tersebut."Dalam program ini nantinya akan menggandeng beberapa perusahaan yang telah menjadi suport dalam program pembimbingan wirausaha baru di lingkungan rawan penyebaran narkoba ini," pungkas beliau.
Sementara itu, Kasubdit Masyarakat Perkotaan BNN RI, Kombespol Tri Setyadi SE MH menyebut, bahwa Bimbingan Teknis (Bimtek) yang dilakukan bersama Pemerintah Kota Banjarmasin ini merupakan program lanjutan dari program program sebelumnya yang ada di BNN.
"Dalam melakukan pembimbingan, kami akan bekerjasama dengan paea tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat bahkan orang yang dituakan atau yang disegani di wilayah tersebut untuk bisa merangkul para mantan pecandu narkoba ini bisa menjalani pendampingan secara menyeluruh," paparnya.
Menurutnya, program tersebut akan mulai dijalankan pada Bulan September mendatang. "Kami akan efektif melakukan kegiatan wirausaha, kita akan ubah mindset di kawasan yang rentan oenyebaran narkoba tadi agar tidak lagi melakukan penyalahgunaan narkoba dengan adanya pendampingan wirausaha," terangnya
Seluruh rangkaian pembimbingan ini, ia melanjutkan, bertujuan agar mereka tidak terjerumus kembali ke jalan yang salah. "Dan khusus untuk generasi muda, agar tidak terjerumus ke lubang yang sama," pungkasnya. (Diskominfotik-mz)





R.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram