Melalui TMMD, TNI-Rakyat Manunggal Membangun Kota Banjarmasin







Upacara Penutupan TMMD ke-100 Kodim 1007/Banjarmasin dengan tema “Percepatan Pembangunan Meningkatkan Kemandirian Pangan dan Kesejahteraan Masyarakat” diadakan di halaman kantor Pemko Banjarmasin, Kamis 26 Oktober 2017. Dengan upacara penutupan ini, selesai juga kegiatan TMMD yang dilaksanakan selama sebulan penuh antara 27 September s/d Oktober sebagai rangkaian HUT TNI ke-72 beberapa waktu lalu. TMMD merupakan wujud Operasi Bakti TNI yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Pemerintah Kota Banjarmasin, yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat, guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan kemanunggalan TNI-Rakyat dalam rangka membantu pemerintaj kota Banjarmasin mewujudkan pembangunan yang merata, seimbang dan berkesinambungan. Upacara yang dipimpin oleh Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Bjm dan dihadiri oleh Forkopimda Kota Banjarmasin, Kepala SKPD, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, serta organisasi kemasyarakatan juga diadakan penandatangan naskah serah terima hasil pelaksanaan TMMD ke 100 tahun 2017, serta pemberian piagam penghargaan kepada perwakilan Sungai Gampa dan Yayasan, atas dukungan dan partisipasi pelaksanaan TMMD ke 100 Kodim 1007/Banjarmasin. Komandan Kodim 1007/Banjarmasin Wilson Napitupulu menyampaikan laporannya bahwa “Kami mengerjakan pembuatan badan jalan sepanjang 729 x 2 meter, kemudian pembuatan jembatan ulin yang kecil sepanjang 2-6 meter x 2 meter sebanyak 19 buah, kemudian 4 jembatan  panjang yang besar ukuran 25-30 meter x 2 meter dan rehab rumah tidak layak huni sebanyak 6 buah, selesai dalam waktu 30 hari. Saya membantu pemerintah daerah dalam hal ini APBD kami bisa   30 persen karena harusnya pekerjaan ini kalau normal dikerjakan oleh kontraktor itu 3 bulan, dan kami mampu membantu pemko banjarmasin jadi 1 bulan. Kami berterima kasih yang tidak terhingga kepada bapak walikota beserta jajarannya, kemudian unsur TNI, Kapolresta dan seluruh SKPD kota banjarmasin yang telah membantu sehingga terlaksana kegiatan ini yang selesai seratus persen baik kegiatan fisik maupun nonfisik.
Ada 2 kesulitan kami, yang pertama apabila air surut itu kami kesulitan mendorong material karena material itu hanya bisa didorong menggunakan klotok. Yang kedua pada saat kemarin awal-awal oktober itu curah hujan tinggi jadi kita bekerja itu setengah hari, tapi kami bayar waktu yang terbuang itu dengan bekerja sampai hari minggu.”
Selesai upacara Walikota Banjarmasin menyempatkan diri untuk melihat pameran Alutsista Kodim 1007/Banjarmasin serta menaiki Anoa 2, kendaraan militer lapis baja buatan PT. Pindad, Indonesia, mengelilingi seputaran kota Banjarmasin. Selepas Zuhur, Walikota Banjarmasin pun langsung meninjau lokasi pelaksanaan TMMD ke-100 ini. Walikota Banjarmasin menyatakan keterkejutannya karena dalam waktu satu bulan, sesuai dengan target, kegiatan ini bisa selesai tepat waktu, dan bermanfaat sekali bagi warga kota Banjarmasin, khususnya masyarakat Sungai Gampa Kelurahan Sungai Jingai, Banjarmasin Utara. Dan kami berharap kemanunggalan TNI-Rakyat sudah bisa kita buktikan sebulan ini, dan kami atas nama Pemerintah Kota Banjarmasin sekali lagi mengucapkan terima kasih, dana yang sudah digelontorkan dapat bermanfaat dengan baik, dan juga melihat hasil yang luar biasa dalam waktu yang sangat cepat, menjadi spirit juga bagi Kota Banjarmasin dalam membenahi kawasan kawasan lain, walaupun dengan skema yang berbeda lagi, dan berharap agar masyarakat yang berada di lokasi TMMD ini terus memelihara kerjasama yang sudah terlaksana dengan TNI maupun pemerintah kota Banjarmasin, tolong dijaga hasil TMMD kita, baik berupa infrastuktur jalan jembatan bedah rumah agar kita jaga dan rawat sama-sama agar dapat terus bermanfaat untuk kedepannya. Walikota Banjarmasin juga sempat berdialog dengan warga dan menanyakan pendapat warga tentang adanya kegiatan TMMD ini, yang dijawab dengan gembira dan senang sekali dengan adanya kegiatan TMMD ini.

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.