PENGUKUHAN PIMPINAN BAZNAS KOTA BANJARMASIN DAN PELANTIKAN PENGURUS BADAN PENGELOLA MASJID AGUNG MIFTAHUL IHSAN SEKALIGUS PEMBUKAAN SEMINAR PENINGKATAN KEWIRAUSAHAAN UKM BAZNAS KOTA BANJARMASIN





Hari ini (Selasa, 29 Maret 2016) diselenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan RKPD (Rencana Kerja Pembangunan Daerah) Pemerintah Kota Banjarmasin Tahun 2017 dengan tema “Menciptakan Wirausaha Baru dan Menggiatkan Pariwisata Sungai Untuk Memacu Pertumbuhan Ekonomi Tahun 2017 Menuju Banjarmasin Baiman” di Aula Kayuh Baimbai Pemko Banjarmasin.

 Hadir pada acara Musrenbang RKPD Pemerintah Kota Banjarmasin, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, S.Pi, M.Si, Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah, Plt. Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Drs. H. Agus Surono, M.Si, Ketua DPRD Kota Banjarmasin Iwan Rusmali dan Anggota, Perwakilan Bappeda Propinsi Kalimantan Selatan DR. Ir. Ariadi Noor, M.Si, Kepala Kementerian Agama Kota Banjarmasin H. Syofyarani, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Propinsi Kalimantan Selatan Harymurthy Gunawan, Dirut PDAM Bandarmasih Ir. H. Muslih, Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin, Camat dan Lurah Kota Banjarmasin, Perwakilan Bank Kalsel, Perwakilan BTN, Perwakilan KNPI Kota Banjarmasin, Perwakilan Universitas Lambung Mangkurat, Perwakilan UNISKA dan Pelaku Usaha di Kota Banjarmasin.

Acara dibuka dengan penampilan Tarian Baksa Kembang, menyanyikan Lagu Indonesia Raya yang di ikuti semua peserta, kemudian pembacaan doa oleh Kepala Kemenag Kota Banjarmasin H. Syofyarani.
Berikutnya Laporan Ketua Panitia Penyelenggara oleh Kepala Bappeda Kota Banjarmasin Ir. H. Fajar Nurul Desira, CES, yang menyampaikan Dasar Pelaksanaan Musrenbang RKPD yaitu Undang-Undang RI Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tatacara Penyusunan Pengendalian, dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah, Permendagri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008. Musrenbang ini dimaksudkan untuk menyempurnakan rancangan RKPD Kota Banjarmasin Tahun 2017 berdasarkan masukan dari hasil forum SKPD. Musrenbang Kota Banjarmasin ini diselenggarakan dengan tujuan untuk menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan kota dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan propinsi, Mengklarifikasi usulan program dan kegiatan yang telah disampaikan masyarakat kepada Pemerintah Kota pada Musrenbang RKPD di Kecamatan dan/atau sebelum Musrenbang RKPD dilaksanakan, Mempertajam indikator kinerja program dan kegiatan prioritas Kota dan Menyepakati prioritas pembangunan daerah serta program dan kegiatan prioritas daerah.

Dalam sambutannya Walikota Banjarmasin Ibnu Sina menyampaikan bahwa untuk mewujudkan visi “Kayuh Baimbai Menuju Banjarmasin Baiman (Bertakwa, Aman, Indah, Maju, Amanah dan Aman) dijabarkan dalam 6 misi yang direalisasikan melalui berbagai program unggulan, antara lain : Program untuk Rakyat Miskin (Pelayanan, Kesehatan, dan Pendidikan); Program untuk Peningkatan Ketakwaan (Magrib Mengaji); Program Peningkatan kesejahteraan (Mendorong Iklim Investasi dan Kewirausahaan Dalam Bentuk Kampung Tematik, Mendukung Pasar Tradisional, Penataan Pedagang Kaki Lima diusahakan Tanpa Penggusuran, Bahuma-Bausaha Tanpa Bunga); Program Banjarmasin SMART CITY Barasih dan Nyaman (Menciptakan RTH Berkonsep Green and Smart City yang Refresentatif, Berbudaya, Humanis dan Ramah Anak, Revitalisasi Sungai dengan Menata Keindahannya, Mengintegrasikan Sistem Drainase dan Gerakan Banjarmasin Bersih dari Sampah); Program Mengatasi Transportasi (Kota Ramah Bagi Pejalan Kaki dan Pengguna Sepeda, Perbaikan Sarana Transportasi Umum, Menjadikan Transportasi Sungai sebagai Transportasi Alternatif untuk Mengurangi Kemacetan) dan Program Pemerintahan yang Melayani.
Ibnu Sina mengajak semua pihak untuk bekerjasama menjadikan Kota Banjarmasin sebagai Kota Sungai Terbaik di Indonesia dan Kota Religius.

Pada kesempatan ini Ibnu Sina menyampaikan usulan-usulan kegiatan pada saat pramusrenbang di Propinsi Kalimantan Selatan yaitu : Pembangunan RS Umum Kota Banjarmasin, Pembangunan Pasar Induk, Pusat Distribusi Regional, Pembangunan Lapangan Sepakbola di Kecamatan, Promosi untuk Pariwisata Sungai di Banjarmasin dan Pembangunan Reservoar.        Sambutan di akhiri dengan pemukulan gong tanda di buka secara resmi Musrenbang RKPD (Rencana Kerja Pembangunan Daerah) Pemerintah Kota Banjarmasin Tahun 2017

R.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram