PT. Pelindo III Bekerjasama Dengan Pemerintah Kota Banjarmasin Dalam Pengembangan Pelabuhan Trisakti dan Pelabuhan Basirih







             Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kota Banjarmasin menyelenggarakan Rapat Pembahasan Tindak Lanjut Rencana Kerjasama Antara PT. Pelindo III (Persero) dengan Pemerintah Kota Banjarmasin tentang Pengembangan Pelabuhan Trisakti dan Pelabuhan Basirih di Ruang Berintegrasi Pemerintah Kota Banjarmasin, Selasa 12 April 2016.
            Hadir pada acara ini Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdako Banjarmasin Drs. Muhammad Amin, MT, Asisten Pemerintahan Setdako Banjarmasin Drs. Hamli Kursani, M.Si, Kepala Bagian Perekonomian Setdako Banjarmasin Ir. Hj. Lily Dwiyanti, MS, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setdako Banjarmasin Iwan Ristianto, AP, M.AP, Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Drs. Aminuddin Latief, M.Si, Kabid Dinas Cipta Karya dan Perumahan Kota Banjarmasin Miftahul Khair, Perwakilan Bagian Hukum Setdako Banjarmasin dan Perwakilan SKPD terkait. GM PT. Pelindo III (Persero) Banjarmasin Hengki Jajang H, Manajer PT. Pelindo III (Persero) Joko Priyono, Staf PT. Pelindo III (Persero) Edwin dan Andri Irfani.
            Rapat Pembahasan Tindak Lanjut Rencana Kerjasama antara PT. Pelindo III (Persero) dengan Pemerintah Kota Banjarmasin ini dipimpin Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah.
            Rapat pembahasan ini merupakan tindak lanjut dari beberapa pertemuan sebelumnya antara Pemerintah Kota Banjarmasin dengan PT. Pelindo III (Persero) Banjarmasin. Rencana kerjasama antara PT. Pelindo III (Persero) dengan Pemerintah Kota Banjarmasin akan di tuangkan MoU (Memorandum of Understanding). MoU dibuat hanya 1 MoU dan akan dijabarkan ke dalam perjanjian kerjasama, yang berisi tentang bagaimana caranya agar kerjasama ini bisa mendatangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk Pemerintah Kota Banjarmasin. Adanya sinergitas antara SKPD untuk PAD dengan pihak swasta. Secepatnya pelabuhan rakyat (Pelabuhan Basirih) dapat difungsikan oleh pihak PT. Pelindo III (Persero) karena Pemerintah Kota Banjarmasin sudah membangun jembatan dan perbaikan jalan menuju arah Pelabuhan Basirih. Untuk pembebasan lahan di Martapura Baru akan disepakati bersama PT. Pelindo III (Persero). Dan kontribusi ke Pemerintah Kota Banjarmasin harus jelas dapat mendatangkan PAD.
            Joko Priyono dari PT. Pelindo III (Persero) Banjarmasin menyampaikan bahwa pengembangan pelabuhan berdampak terhadap perekonomian masyarakat. Output MoU kemudian dilanjutkan dengan perjanjian kerjasama sama-sama menguntungkan kedua belah pihak. Ada perkembangan positif pada pengembangan Pelabuhan Mantuil, Basirih dan Trisakti. Untuk itu akan ada tim audit dari PT. Pelindo III (Persero) Banjarmasin.

            Wakil Walikota Banjarmasin memberikan arahan terhadap rencana kerjasama PT. Pelindo III (Persero) Banjarmasin dan Pemerintah Kota Banjarmasin bahwa adanya kontribusi terhadap Pemerintah Kota Banjarmasin. Hermansyah mengapresiasi bagi pihak-pihak yang ingin berinvestasi di Kota Banjarmasin namun harus ada kontribusi bagi PAD Kota Banjarmasin. Mengingat adanya perubahan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah Ke   Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah, yang mana kewenangan di ambil alih oleh Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Propinsi. Hal ini berpengaruh terhadap PAD Kota Banjarmasin.

R.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram